oleh

Duh, Ratusan Koperasi di Lamsel Mati Suri

radarlampung.co.id – Sebanyak 299 Koperasi di Lampung Selatan (Lamsel) mati suri. Ini karena dari 560 Koperasi yang ada di Khagom Mufakat, hanya 261 yang aktif.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Lamsel, I Ketut Sukerta mengatakan, ada beberapa permasalahan yang menyebabkan koperasi itu tak lagi aktif, salah satunya karena sampai akhir tahun, koperasi tersebut tidak melaksanakan RAT (Rapat Akhir Tahun).

“Ya 299 koperasi yang nggak aktif itu karena nggak melaksanakan RAT, makanya mereka dianggap tidak aktif,” ungkap Ketut, selasa (22/10).

Kedepan, sambung Ketut, pihaknya sudah meminta Camat se-Kabupaten Lamsel untuk mendata ulang, koperasi mana saja yang masih bisa di bina dan dikembangkan, serta koperasi mana yang baru berdiri.

“Akhir tahun ini kita data ulang. Kalau masih bisa dipertahankan, ya kita pertahankan. Kalau memang sudah nggak bisa dipertahankan lagi, nanti kita rekomendasikan ke kementerian koperasi untuk dihapus,” ujarnya.

Selama tahun 2019 ini, Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Lamsel telah membantu dua koperasi untuk memajukan organisasi tersebut. Kedua koperasi itu yakni Koperasi di Desa Tanjungan dan Desa Taman Agung.

“Tahun ini hanya dua yang dibantu. Tapi kami memiliki pendampingan untuk membantu koperasi jika ada suatu permasalahan,” pungkasnya. (yud/wdi)



Komentar

Rekomendasi