oleh

Kontes Robot Nasional, Mahasiswa UBL Sabet Dua Penghargaan

radarlampung.co.id—Mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) berhasil membawa pulang dua penghargaan dalam 6th Kontes Robot Nusantara (KRON) 2019 pada kategori Kreatif Open Prototipe. Kontes Robot Nusantara diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 20 Oktober lalu. Keduanya merupakan mahasiswa Program Studi Informatika, yaitu Ridho Dzaki S, Rudi Hartawan, dan Miftarom Rahmawan A.S.

“Alhamdullilah dari Tim Prodi Informatika mampu menjadi juara II. Dan ini pertama kalinya kami mengikuti kontes robot. Tentunya kami berusaha sebaik mungkin mempersiapkan kontes ini dengan melakukan latihan rutin bersama alumni Prodi Informatika UBL, dari jam 7 sampai jam 10 malam, bahkan sempat sampai jam 3 pagi pada saat menjelang lomba,” ujar Rudi, Selasa (22/10).

Selain dari Prodi Informatika, penghargaan lain juga diterima mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin UBL yang berhasil membawa pulang juara 3 untuk kategori fungsional robot. Mereka adalah M. Aji Mahfudin, Khodar Nur Malik Fajar, dan Ahmad Hujaeni, serta Nur Yasin, Dandi Effendi sebagai tim support.

Baca :   Pengukuhan IKA MH UBL Bersamaan Seminar Perlindungan Hukum bagi Perawat

“Pada kontes robot ini, dari Teknik Mesin juga berhasil membawa pulang juara 3 dengan kategori Fungsional Robot,” kata Khodar.

Tim Prodi Informatika menamakan robotnya, E-Health yang memiliki fungsi sebagai alat kesehatan pengukur tekanan darah, denyut nadi, dan suhu tubuh yang hasil tesnya bisa dilihat pada smartphone. Sedangkan dari Tim Teknik Mesin dengan robotnya yang bernama 3R (Three R) berfungsi untuk pertanian, mencabut gulma pengganggu, menanam padi, dan memanen hasil pertanian.

Baca :   Pengukuhan IKA MH UBL Bersamaan Seminar Perlindungan Hukum bagi Perawat

Untuk diketahui, Kontes Robot Nusantara merupakan event tahunan nasional yang diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai jenjang, dari jenjang TK bahkan sampai jenjang umum, dengan asal peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pada perlombaan para peserta akan melakukan presentasi dan demo alat di depan para juri. (rls/rur/wdi)



Komentar

Rekomendasi