oleh

PLTU Tarahan Gelar Pengobatan Gratis

radarlampung.co.id – Sebanyak 200 warga antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan Unit Pelaksana Pembangkitan Tarahan atau yang biasa dikenal sebagai PLTU Tarahan, pada 20 dan 22 Oktober 2019.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari listrik nasional ke-74 sekaligus merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR)  di bidang kesehatan. Selain itu, secara sengaja momen acara CSR kali ini memang diadakan bertepatan dengan hari listrik pada 27 Oktober, setiap tahun di bulan oktober.

Program rutin tahunan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis yang oleh PLTU Tarahan ini telah memasuki tahun yang keempat. Untuk tahun ini, pihak PLTU Tarahan bekerja sama dengan Puskesmas Rawat Inap Sukaraja, Kelurahan Bumi Waras, Bandar Lampung.

Masyarakat yang diundang berasal dari berbagai usia mulai dari kalangan anak-anak hingga lansia, jumlahnya variatif, seluruhnya berasal dari area Ring 1 PLTU Tarahan yaitu, Dusun Gotong- Royong, Kampung Baru, Mataram, dan Sukamaju (pasir putih) Desa Rangai Tri Tunggal kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan.

“Pemeriksaan dan pengobatan gratis yang dilakukan meliputi penanganan penyakit dasar seperti flu, cek tekanan darah, dan Lain-lain, sebagian pesertanya merupakan lansia usia 55 tahun keatas yang memang sudah ada riwayat berobat dan sudah pernah Cek Medis di tempat lain seperti cek kolestrol, cek gula darah, cek asam urat,” ujar dr. Eva Daniel, Ketua Tim Medis Puskesmas Rawat Inap Sukaraja yang juga merupakan Ketua Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) PLN Tarahan.

Sementara itu, Ani (48), warga Dusun Sukamaju mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena memang dirinya mempunyai keluhan sering pegal-pegal di bagian persendian. “Kalau ke rumah sakit biasanya kena biaya dan dengan kegiatan ini alhamdulillah gratis,” imbuhnya.

Tujuan utama dari program ini adalah memberi pelayanan medis kepada warga masyarakat, khususnya area ring 1 PLTU Tarahan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Harapannya, agar warga yang kesulitan berobat dikarenakan kendala biaya dapat terbantukan.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat buat kita semua dan berdampak positif untuk warga area Tarahan, yang saat ini sakit. Semoga di kemudian hari bisa sembuh dan yang sebelumnya hadir dalam keadaan sakit dan belum diketahui penyakitnya bisa dipastikan penyakitnya dan segera sehat kembali,” tandas Gunawan, Manager Bagian Keuangan, SDM, dan Administrasi. (adv)



Komentar

Rekomendasi