oleh

Kembangkan Industri Pariwisata Lampung, XL Axiata Perkuat Jaringan Data

Radarlampung.co.id – PT XL Axiataberkomitmen mendukung upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengembangkan industri pariwisata. Dukungan tersebut diimplementasikan dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan data berkualitas di area yang memiliki destinasi wisata popular di hampir seluruh Provinsi Lampung.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan, jaringan 4G LTE saat ini sudah masuk ke semua kota/kabupaten, termasuk di lokasi wisata yang tersebar di seluruh provinsi yang berada di ujung paling Selatan Pulau Sumatera tersebut.

”Lampung menjadi salah satu Provinsi prioritas pertumbuhan pelanggan kami. Keberadaan layanan telekomunikasi dan data berkualitas menjadi prasyarat untuk membangun industri wisata yang kuat di mana pun juga. Rilnya, jika saat ini kita bicara keinginan untuk memajukan suatu destinasi wisata, maka pertama terpikir adalah bagaimana mempromosikannya,” kata Desy saat silahturahmi bersama awak media di Rumah Makan Ikisopoto, Bandarlampung, Selasa (22/10) malam.

Bicara promosi wisata, sambung dia, maka hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan social media, yang berarti foto-foto dan video pemandangan. Berarti harus ada sinyal 4G yang kuat di lokasi itu

Desy menegaskan, roadmap pembangunan infrastruktur layanan data XL Axiata di seluruh Indonesia saat ini antara lain berpedoman dengan keberadaan area-area wisata ini. Hal ini tidak terlepas dari fakta di lapangan bahwa keberadaan destinasi wisata mampu mendorong perekonomian di daerah tempatnya berada.

Makin popular suatu destinasi wisata, biasanya perekonomian di sekitarnya juga bergulir maju. Apalagi jika bicara pariwisata, maka ekosistem pendukungnya juga cukup luas. Dari mulai bisnis penginapan dan kuliner, produk kerajinan, hingga atraksi budaya.

Menurutnya, teknologi digital dan platform media sosial menyediakan manfaat ganda untuk promosi. Melalui sarana digital, promosi tidak lagi hanya satu arah oleh para pelaku industri wisata, namun juga secara tidak langsung oleh para wisatawan.

“Melalui foto-foto maupun video dari para pengunjung yang dibagikan di media sosial, suatu daerah tujuan wisata bisa menjadi menjadi lebih terkenal,” ujar Desy yang dalam silahturahmi tersebut turut didampingi Head of Sales Lampung-Bengkulu, Budi Utama Lubis, beserta jajaran manjemen XL.

Hal ini menjadi lebih relevan lagi karena perilaku masyarakat saat dalam menentukan pilihan suatu tujuan wisata juga dengan memastikannya melalui review di media sosial.

“Semua itu bisa dilakukan hanya jika di area wisata itu tersedia layanan data yang berkualitas baik. Konten-konten berupa foto dan video hanya bisa dibuat dan di-upload di internet dan media sosial jika sinyal datanya bagus dan kuat. Nah, kami di XL Axiata akan berusaha keras untuk terus meningkatkan kualitas layanan data di daerah-daerah wisata,” tegas Desy.



Komentar

Rekomendasi