oleh

2020, Itera Buka Prodi Teknik Perkeretaapian

radarlampung.co.id- Institut Teknologi Sumatera (Itera) targetkan tahun ajaran 2020/2021 sudah menerima mahasiswa pada program studi baru, yaitu S1 Teknik Perkeretaapian.

Rektor Itera Prof Ofyar Z. Tamin mengungkapkan, saat ini prodi teknik perkeretaapian telah berhasil mendapatkan izin dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II, dan tengah menunggu izin dari Ban-PT.

“Alhamdulillah kita sudah mendapat izin dari LLDikti untuk mendapatkan prodi tersebut, dan kita akan menerima mahasiswa di 2020. Dan saat ini kita tengah menunggu izin dari Ban-PT, kira-kira sebulan lagi kita bisa mendapatkan izin tersebut,”jelasnya, Jumat (25/10).

Sementara, untuk persiapan yang telah dilakukan oleh pihak Itera untuk membuka prodi tersebut, pihaknya sudah bersinergi dengan PT KAI maupun asosiasi kereta api di seluruh Indonesia, termasuk untuk pengajar di prodi tersebut.

Baca :   Itera Beri Subsidi Kuota Internet ke Seluruh Mahasiswa

“Kita sudah menyiapkan tenaga pengajar, dan kita akan mengirimkan sekitar 8 orang untuk belajar keluar negeri yang nantinya untuk mengisi kurikulum prodi teknik perkeretaapian,”imbuhnya.

Ofyar menjelaskan, Indonesia akan mengembangkan jaringan kereta api, di mana saat ini hanya ada di Jawa, dan sebagian di Sumatera. Tetapi, lanjutnya, mulai dari sekarang angkutan barang tidak bisa hanya ditangani dengan melewati jalan raya. Sehingga, kereta api dibutuhkan untuk mengangkut barang-barang tersebut.

“Jalur kereta api tersebut nantinya akan dibangun di Sumatera mulai dari Lampung. Tidak ada satupun di Indonesia yang memiliki prodi teknik perkeretaapian. Sehingga itu adalah poin utamanya untuk memulai menyediakan tenaga kerja yang nantinya bisa menjalankan jaringan kereta api bukan hanya di Sumatera tetapi di Indonesia,” ungkapnya.

Baca :   Itera Beri Subsidi Kuota Internet ke Seluruh Mahasiswa

Ia menambahkan, terkait jumlah mahasiswa yang akan diterima di prodi teknik perkeretaapian, pihaknya menyiapkan kuota sekitar 100 mahasiswa.

“Kita akan menerima sekitar 100 mahasiswa. Dan kita juga bertekad untuk meningkatkan kemampuan Itera untuk bisa memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang tidak mampu dan pintar,” pungkasnya. (rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi