oleh

Kesehatan pada Aktivitas Nongkrong Anak Muda

Dr. Suharmanto, S.Kep., M.K.M.
Dosen Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unila

WORLD Health Organization (WHO) tahun 1947 mendefinisikan sehat sebagai keadaan yang sempurna pada fisik, mental dan sosial, bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan. Sedangkan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 1992, sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Berdasarkan dua definisi sehat tersebut dapat disimpulkan bahwa sehat adalah  keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental, maupun sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Sehat dapat dipengaruhi multifaktor yang salah satunya faktor lingkungan sosial yaitu teman sebaya. Salah satu aktivitas yang dilakukan anak muda bersama teman sebayanya adalah aktivitas nongkrong yang dilakukan di warung kopi tradisional, kafe, kedai kopi modern, restoran cepat saji serta tempat yang dianggap nyaman untuk berkumpul. Karena, kita ketahui bahwa masa muda merupakan masa perkembangan untuk pencarian jati diri dan pembentukan karakter sesorang.

Hambatan dalam setiap tahap perkembangan anak muda dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak terselesaikan dengan baik. Masalah tersebut dapat berasal dari lingkungan internal dan eksternal. Anak muda yang tidak dapat mengatasi berbagai masalah yang ada, dapat menyebabkan timbulnya kecemasan, depresi, gangguan psikotik dan permasalahan kesehatan fisik, mental maupun sosial.

Kesehatan pada anak muda sangat penting untuk diperhatikan karena pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dari aspek fisik, emosi, intelektual, psikologis dan sosial. Masa muda yang dialami anak muda menunjukkan ciri seperti keingintahuan yang besar, bereksperimen, berpetualang, mencoba bermacam tantangan, dan berani mengambil risiko tanpa pertimbangan yang matang yang dapat dilakukan bersama teman sebayanya. Dalam hal ini, kesehatan anak muda dapat dipengaruhi faktor sosial seperti individu dan sosial seperti keluarga dan teman sebaya.

Komentar

Rekomendasi