oleh

Peran Keluarga Besar Maxseries Indonesia terhadap Implementasi Sumpah Pemuda

radarlampung.co.id-Bersatu Kita Maju menjadi tema Hari Sumpah Pemuda Ke-91. Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Maxseries Indonesia Mother Chapter (MC) Lampung mengingatkan kembali ke seluruh anggota komunitas, bahwa pembentukan komunitas tersebut tak lepas dari falsafah Bhinneka Tunggal Ika. Falsafah itu juga yang tertulis dalam lambang negara, Garuda Pancasila.Hal ini dikemukakan langsung oleh Ketua Umum Maxseries Indonesia MC Lampung Markus Raharjo.

“Maxseries ini tujuannya Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda tetap satu. Hubungannya dengan Sumpah Pemuda, mempersatukan pikiran, ide, dan budaya dalam wadah Maxseries. Ini implementasi makna Sumpah Pemuda yang tertuang dalam pakta integritas ART Maxseries Indonesia,” katanya di sekretariat  Jl. Proklamator Raya No. 23, tepatnya di belakang diler Honda Harmoni, Kelurahan Seputihjaya, Kecamatan Gunungsugih, Lampung Tengah.

Kepada generasi muda Indonesia, kata Raharjo, diharapkan lebih berakhlak, berbudaya, dan Pancasilais. “Kita berharap kepada generasi muda bangsa lebih berakhlak, berbudaya, dan Pancasilais,” ujarnya.

Melihat generasi muda yang sekarang ini banyak terjerat kasus kriminal atau narkoba, Raharjo menilai itu dikarenakan akhlak dan mentalnya kurang baik. “Itu karena akhlak dan mentalnya kurang baik. Salah pergaulan yang mendorong gaya hidup tidak didukung kemampuan. Juga kurangnya peran aktif orang tua. Makanya harus ada revolusi mental lewat komunitas, ormas, dan perkumpulan-perkumpulan masyarakat. Harus ada kegiatan yang positif,” ungkapnya.

Maxseries, kata Raharjo, akan merangkul para generasi muda untuk melakukan kegiatan yang positif. “Kita akan rangkul pemuda dalam kegiatan positif. Di tangan pemuda masa depan bangsa ini. Apalagi Maxseries ini prinsipnya kekeluargaan atau sense of family, integrity, loyalty, respect, honor, dan pride. Kita akan lakukan pembinaan secara struktural dan fungsional,” katanya.

Sumpah Pemuda, kata Raharjo, bagian ikrar persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Maxseries. “Kebhinnekaan didasari Sumpah Pemuda. Sudah sewajarnya pemuda, khususnya di Lampung dan Indonesia, perlu adanya penyadaran melalui wadah komunitas yang ada sebagai implementasi isi Sumpah Pemuda,” ungkapnya.

Maxseries yang kini berjumlah 64 anggota, kata Raharjo, memiliki tujuan yang jelas. “Tujuan kita jelas. Yakni mempererat rasa kekeluargaan, tali silaturahmi, menghimpun aspirasi, dan menggalang kerja sama guna mewujudkan persatuan dan kesatuan, baik di dalam maupun luar Indonesia. Juga menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat, menanamkan sifat kerja keras, pantang menyerah, tangguh, ulet, kreatif, inovatif, kewirausahaan, serta sifat kesatria dan sportif. Mampu memberikan manfaat bagi sesama anggota dan masyarakat umumnya,” paparnya.

Kedapan agenda Maxseries, kata Raharjo, akan melaksanakan uji coba touring ke Pesisir Barat. “Kita akan touring ke Pesisir Barat. Memperkenalkan pariwisata Lampung secara nasional. Bisa saja nanti touring gabungan dengan komunitas motor lain,” katanya.

Banyak kegiatan, kata Raharjo, yang akan dilaksanakan Maxseries selain touring. “Kita akan membentuk badan usaha, kegiatan sosial, kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, dll. Bahkan siap membantu pemerintah menyalurkan dana bakti sosial,” tegasnya.

Diketahui Maxseries Indonesia MC Lampung terbentuk 1 September 2019. Pada 1 Oktober 2019 dikukuhkan kepengurusan dengan Ketua Umum Maxseries Indonesia MC Lampung Markus Raharjo.

Komunitas ini terdiri atas keluarga Maxi Series, yakni T-MAx, X-Max, N-Max, Aerox, dan Lexi. Komunitas ini didirikan Markus Raharjo, Triyanto B.S., dan Sutikno Siswandi. Maxseries memiliki visi Dari Komunitas Menjadi Keluarga. Misinya menjadi komunitas skala nasional yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,  baik Lamteng khususnya dan Indonesia umumnya. (adv)

 



Komentar

Rekomendasi