oleh

KPU Lampung Ambil Alih Fit and Propetest 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Proses rekrutmen komisioner KPU kabupaten/kota di Lampung di delegasikan ke KPU Provinsi dari KPU RI. Hal tersebut merujuk pada surat KPU RI yang ditujukan ke KPU Lampung dengan nomor surat 1319/SDM.12.Und/05/KPU/X/2019 tertanggal 28 Oktober 2019.

Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan, di dalam surat tersebut dijelaskan KPU RI menugaskan KPU Provinsi Lampung untuk menguji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU kabupaten/kota dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

“Kewenangannya tetap ada di KPU RI. KPU Provinsi Lampung bukan menentukan calon terpilih. Tapi hanya memberikan nilai pada saat Fit and Proper Test (FPT),” ujar Erwan, Selasa (29/10).

Baca :   Bimtek,  KPU Lampung Fokus Pendaftaran Calon

Erwan melanjutkan, nantinya FPT akan dibuat menjadi tiga panel sesuai yang tertuang dalam surat KPU RI tersebut. Nantinya, setiap panelis terdiri dari berbagai unsur termasuk dua orang komisioner dari KPU Provinsi.

“Ketua tidak ikut melakukan FPT tapi memonitoring dan supervisi FPT yang berlangsung,” kata dia.

Dalam surat tersebut di poin 3.a menjelaskan, verifikasi atau FPT dilakukan untuk memastikan bahwa calon anggota KPU kabupaten/kota bukan merupakan anggota dan pengusrus partai politik.

Baca :   KPU Lampung : Media Bagian Penting Penyelenggaraan Pilkada

Kemudian, bukan merupakan tim kampanye kepala daerah wakil kepala daerah, presiden dan wakil presiden melalui Sistem Informasi Politik (Sipol) dan sumber lainnya serta memastikan persyaratan administrasi lainnya. Untuk pelaksanaannya dilakukan 1-3 November 2019 dan tempat tentatif di Bandarlampung. (abd/sur)



Komentar

Rekomendasi