oleh

Lulusan UML Diminta Ciptakan Lapangan Pekerjaan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) berkomitmen menciptakan lulusan berjiwa entrepreneur dan dapat bersaing di dunia usaha. Hal tersebut dimaksudkan agar lulusan UML mampu menciptakan lapangan pekerjaan maupun langsung bekerja setelah lulus.

Rektor UML Dr Dalman, M.Pd., menuturkan, UML telah berkomitmen sebagai entrepreneur campus, sehingga UML berusaha untuk dapat membuka peluang usaha bagi mahasiswanya sejak di bangku kuliah. Salah satunya dengan bekerjasama dengan pengusaha lokal ataupun nasional dan UMKM dengan melibatkan mahasiswa dalam dunia bisnis.

“Mahasiswa baik yang belum memiliki usaha maupun yang sudah memiliki usaha akan dilatih dan dibina sampai mereka sukses memasarkan produknya. Kami juga menyediakan dana bergulir bagi yang memiliki usaha,” kata Dalman, Selasa (29/10).

Ia berharap, seluruh lulusan nantinya akan menjadi pengusaha muda yang sukses, diharapkan pula tidak ada lulusan yang tidak bekerja. UML juga sigap menangkap peluang usaha dan kerjasama bagi mahasiswa baik yang tersedia di Kemendikbud, pembiayaan syariah, serta badan usaha Muhammadiyah lainnya.

“Diharapkan, mahasiswa lulusan UML tidak ada yang menganggur, semua berjiwa entrepreneur yang tidak mengandalkan untuk menjadi karyawan tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri,” ujar Rektor.

Ia menambahkan, UML juga tengah mempersiapkan untuk pembukaan program studi baru diantaranya program S1 Teknik Informatika, Sistem Informasi, Bisnis Digital, Pariwisata, dan beberapa program studi lainnya.

“Kita juga berencana untuk membuka program pascasarjana prodi S2 Psikologi, S2 Ilmu Komunikasi, dan S2 Ilmu Pemerintahan,” tuturnya.

Wisuda tahun akademik 2019/2020 tersebut diikuti oleh 387 wisudawan yang terdiri dari lima fakultas. Masing-masing yakni; Fakultas Teknik Program studi Teknik Elektro 36 wisudawan, Fisipol Program Studi Ilmu Komunikasi 55 wisudawan, Ilmu Pemerintahan 151 wisudawan, Fakultas Psikologi 73 wisudawan, Fakultas Agama Islam 65 Wisudawan, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika 4 wisudawan, Pendidikan Luar Biasa 3 wisudawan. (rur/sur) 



Komentar

Rekomendasi