oleh

Tingkatkan Literasi Ekonomi, BI Corner Perpustakaan UBL Diresmikan

radarlampung.co.id – Universitas Bandar Lampung (UBL) bersama Bank Indonesia (BI) meresmikan BI Corner, sekaligus serah terima beasiswa BI di Gedung C, Perpustakaan UBL, Selasa (29/10). Peresmian dilakukan Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dan Rektor UBL Prof. M. Yusuf S. Barusman, MBA.

Yusuf mengatakan, hadirnya BI Corner di UBL adalah suatu aset yang berharga sebagai wujud untuk meningkatkan literasi ekonomi atau perbankan di dunia kampus.

“Syukur Alhamdulillah kita bisa berkumpul disini dalam peresmian BI Corner dan penyerahan beasiswa BI. Hadirnya BI Corner di UBL adalah aset berharga untuk meningkatkan literasi ekonomi atau perbankan di dunia kampus. Saat ini UBL juga sudah lama memberlakukan perpustakaan digital sehingga akses membaca dapat lebih mudah didapatkan,” kata Yusuf dalam sambutannya.

Ia juga menyinggung program yang dikerjakan oleh UBL bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mewujudkan petani sejahtera dengan Kartu Petani Berjaya (KPB).

Menurut Yusuf, Kartu ini memberikan akses kepada para petani terkait dengan kepentingan pertanian yang diintegrasikan, mengingat Lampung termasuk perekonomiannya tertinggi di Sumatera tapi disisi lain juga termasuk tertinggi angka kemiskinannya, dan jika dilihat lagi ternyata ada pada sektor pertanian.

“Setelah dikaji, kerugian pertanian ternyata tidak diketahui oleh petani itu sendiri, dengan adanya KPB semua transaksi keuangan petani akan di record secara online,” tandasnya.

Menanggapi Rektor UBL terkait KPB ini, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyambutnya dengan senang hati dan ikut membahasnya dalam sambutannya.

Menurut dia, Bank Indonesia juga ingin sekali pembayaran dilakukan secara elektronik, tetapi harus kita perhatikan lagi bagaimana agar hal ini berjalan dengan aman.

“Munculnya aplikasi-aplikasi pembayaran adalah ekonomi keuangan digital yang merupakan pertumbuhan ekonomi baru, yang harus dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan usaha-usaha masyarakat, termasuk ekonomi kreatif seperti kain Tapis di Lampung,” ujar Rosmaya.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut, Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Budiarto Setiawan, Direktur Departemen Komunikasi BI M. Nur, Wakil Rektor IAIN Metro Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kepala Prodi Akuntansi Universitas Malahayati, Wakil Rektor III Umitra, Wakil Rektor I IBI Darmajaya, Wakil Kepala Humas SMAN 2 Bandarlampung. (gie/rls/kyd)



Komentar

Rekomendasi