oleh

Inkubator Bisnis CCED Unila Fokus Bina Mahasiswa Menjadi Entrepreneur

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung memiliki tiga inkubator bisnis, salah satunya inkubator bisnis di Center Career and Entrepreneurship Development (CCED) Unila.

Kepala Center Career and Entrepreneurship Development (CCED) Unila M. Komarudin menjelaskan, selama ini inkubator bisnis CCED Unila melakukan pendampingan dan pembinaan kepada calon-calon pengusaha muda, khususnya dari mahasiswa Unila.

“Karena bisnis awalnya sangat rentan dan membutuhkan lingkungan agar bisa tumbuh dan berkembang. Sehingga diperlukan skil yang mereka kuasai bukan hanya produknya, itu sisi lainnya. Tapi bagaimana mereka memasarkan produknya, bagaiamana mencari pendanaan, sehingga nanti mereka bisa menjadi perusahaan mandiri. Di situlah peran inkubator bisnis,” jelas Komar, Kamis (31/10).

Dikatakan Komar, inkubator bisnis CCED sendiri membina mahasiswa ataupun dosen Unila yang akan berwirausaha mulai dari ide kreatif yang akan dikembangkan menjadi produk, dan diberi masukan, lalu tes masuk pasar.

“Di situ kita akan mencari tahu kelemahan dari produk kita, kesukaan pelanggan, dan nantinya diperbaiki. Dicarikan modal, dibesarkan pasarnya, dan nantinya menjadi perusahaan yang mandiri,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya fokus untuk pengembangan usaha warga Unila, sebab pendanaan berasal dari Unila. Sehingga, jika nantinya perusahaan tersebut besar, dan mandiri, akan ingat dengan perguruan tingginya.

“Kita memang concern ke Unila. Jadi nanti, jika mereka sudah besar, mereka akan ingat ke perguruan tingginya, dan nantinya akan membina adik-adiknya. Salah satu tujuan kita juga untuk menyiapkan SDM atau lulusan yang tidak hanya terpaku untuk menjadi pegawai BUMN atau PNS misalnya, tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (rur/sur) 



Komentar

Rekomendasi