oleh

Awasi Netralitas ASN, Bawaslu Bandarlampung Keliling Kecamatan

radarlampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandarlampung bakal berkeliling ke seluruh Camat se Kota Tapis Berseri guna menekankan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu guna menekankan dan merefresh kembali kepada seluruh ASN,  terkait tugas-tugas pengawas pemilu dalam Pilwakot 2020.

Ketua Bawaslu Bandarlampung,  Candrawansyah mengatakan,  ASN mutlak harus netral dan tidak boleh melakukan kegiatan yang mengarah kepada mendukung bakal calon maupun calon ketika Pilwakot. Beberapa regulasi rujukannya adalah Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS, Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, beberapa surat edaran sebagai penegasan dari Komisi ASN , Menteri PANRB, MenDAGRI BKN, dan Bawaslu RI.

Dari regulasi-regulasi tersebut,  Candra bilang,  ada tujuh larangan yang harus difahami oleh ASN. Yakni,  dilarang mendeklarasikan diri sebagai Cakada,  dilarang memasang spanduk promosi cakada, dilarang mendekati partai politik  terkait rencana pengusulan dirinya dan orang lain,  sebagai cakada. Kemudian,  dilarang mengunggah,  memberikan like,  mengomentari dan sejenisnya,  atau menyebarluaskan gambar,  visi-misi balon dan calon kada ke media online dan medsos.

“Lalu dilarang menjadi pembicara pada kegiatan pertemuan partai politik. Dilarang berfoto bersama bakal calon Kada. Yang terakhir,  dilarang menghadiri deklarasi calon kada, dengan atau tanpa mengenakan atribut ASN, ” ujarnya,  Senin (4/11).

Candra melanjutkan koordinasi dengan Canat diperlukan sebab Camat merupakan pimpinan daerah di level menengah di suatu daerah. Untuk bisa mengantisipasi pelanggaran ASN.

Dia juga mengagegandakan selama lima hari bersafari  dalam rangka Mengajak pihak kecamatan agar mendorong masyarakat yang mempunyai integritas untuk mendaftarkan diri menjadi Pengawas pemilu, terutama yang sebentar lagi akan ada perekrutan oleh Bawaslu Kota Bandarlampung. “Sebab di November ini,  rencananya akan merekrut 60 anggota Panwascam, ” ujarnya. (abd/wdi)



Komentar

Rekomendasi