oleh

Enam Hektar Kebun Singkong Warga Hangus Dilalap Api

radarlampung.co.id-Setelah meluluhlantahkan belasan hektar karet milik masyarakat Tiyuh Gunung Katun Tanjungan dan Tiyuh Gunung Katun Malay, api kembali menghanguskan sekitar enam hektare kebun singkong milik masyarakat setempat.

Api menghabiskan setidaknya enan hektar kebun singkong Milik Usman (55), warga Kotabumi, Lampung Utara. “Ya ada sekitar enam hektar kebun singkong milik Usman hangus dilalap si jago merah,”ungkap Rudi dan Udik, warga Panaraganjaya, Tubaba Selasa (5/11).

Kebakaran lahan perkebunan dan pertanian bukan kali ini saja, karena sebelum-sebelumnya juga banyak lahan perkebunan dan pertanian masyarakat yang terbakar.

Salim menceritakan bahwa kebun singkong milik Usman saat ini dalam keadaan mati lantaran layu setelah dilalap si jago merah kemarin sore.

Sebelumnya, belasan hektar karet milik masyarakat di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan dan Gunungkatun Malai, terbakar. Dampaknya masyarakat mengalami kerugian yang sangat besar yakni mencapai Rp1,7 miliar.

Api yang sejak Sabtu (2/11) pukul 14.00 siang meluluhlantakkan kebun karet milik Barmawi seluas sembilan hektar, Sepriyadi tiga Ha, Salim lima Ha dan sejumlah kebun karet milik masyarakat lainnya hingga malam hari.

Barmawi menceritakan dirinya belum mengetahui asal-muasal api yang menghanguskan karet yang mulai disadap tersebut. Namun yang memperoleh informasi dari tangga kebunnya bahwa api telah menghanguskan lahan karet yang telah berumur 10 tahun tersebut.

Sepriyadi pemilik kebun karet lainnya menuturkan api telah meluluhlantahkan lahan karet yang baru mulai disadap tersebut. Saat terbakar, batang karet miliknya telah berumur sekitar delapan tahun. “Namanya kemarau gini, walaupun apinya hanya lewat pasti mati,”ungkap nya. (fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi