oleh

Tumbuhkan Kesadaran Cuci Tangan Pakai Sabun Sejak Dini!

radarlampung.co.id – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengimbau agar peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia bukan hanya kampanye aksi kesehatan yang tidak memiliki dampak positif bagi kehidupan sehari-hari untuk menciptakan hidup bersih dan sehat. Namun dapat diimplementasikan guna mewujudkan kehidupan bersih tanpa penyakit.

“Semua ini tentu butuh proses dan tidak bisa secara instan. Tapi yang terpenting adalah, dari kesadaran diri kita sendiri,” kata Dendi saat menghadiri kegiatan HCTPS yang berlangsung di SMPN 26 Pesawaran, Selasa (5/11).

Dendi menuturkan, pengetahuan mengenai pentingnya cuci tangan pakai sabun sudah sangat tinggi. Namun kesadaran untuk melakukannya masih rendah dan tidak terbiasa.

”Pada kesempatan ini saya ingin semua masyarakat menyadari bahwa kebersihan tangan sangat penting untuk kesehatan. Mencuci tangan dengan baik sebelum maupun sesudah melakukan aktifitas. Bukan hanya mengajari, tetapi juga dapat memberi contoh agar mereka, khususnya anak-anak terbiasa,” tandasnya.

Selain itu, Dendi juga mengajak dan mengharapkan partisipasi aktif semua pihak untuk senantiasa mengajak masyarakat ikut membiasakan perilaku sederhana. Yaitu cuci tangan sederhana menggunakan sabun.

Sementara, Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira menambahkan, berdasar analisa Dapodik 2018, jumlah sekolah dasar yang memiliki sarana cuci tangan lengkap dengan air mengalir dan sabun sebanyak 42 persen. Sisanya 25 persen SD sudah memilih sarana cuci tangan, namun belum dilengkapi dengan sabun atau air mengalir. Sedangkan 33 persen SD tidak memiliki sarana cuci tangan. (ozi/ais) 



Komentar

Rekomendasi