oleh

Waspada! Wilayah Puskesmas Kotaagung Tertinggi DBD

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan Tanggamus mencatat 244 kasus demam berdarah dengue (DBD) sejak awal tahun hingga Oktober 2019. Dari jumlah tersebut, satu penderita meninggal dunia.

Kabid Pencegahan Penyakit Taman Prasi mewakili Plt. Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, masyarakat harus waspada. Terutama saat memasuki musim hujan. Sebab kasus DBD cenderung naik.

“Untuk tahun lalu, ada 108 kasus DBD. Sementara sejak awal tahun hingga saat ini, sudah 244 kasus. Maka kenaikannya sudah seratus persen lebih. Bahkan diprediksi bisa bertambah lagi,” kata Taman.

Menurut dia, daerah dengan jumlah tertinggi kasus DBD adalah wilayah Puskesmas Kotaagung, yakni 50 kasus. Disusul Puskesmas Talang Padang sebanyak 33 kasus dan Puskesmas Gisting 28 kasus.

Karena itu, Diskes Tanggamus menitikberatkan kewaspadaan pada puskesmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. ”Kami sudah buat surat edaran ke puskesmas untuk mulai menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) bersama masyarakat. Itulah bentuk kewaspadaan,” tegasnya.

Taman melanjutkan, PSN berupa tindakan 3M, yakni menguras dan menutup penampungan air serta mengubur barang bekas yang bisa menampung air. “Sasaran PSN mencegah adanya jentik nyamuk di tempat air bersih. Targetnya, di tempat seperti itu jangan ada jentik nyamuknya. Biar populasi nyamuk tidak banyak,”sebut dia. (iqb/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi