oleh

Melebihi Target, 2.100 HPR di Tanggamus Divaksinasi

radarlampung.co.id – Hingga akhir Oktober, sebanyak 2.100 ekor hewan penular rabies (HPR) di Tanggamus mendapatkan vaksin. Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga akhir tahun.

Kabid Kesehatan Hewan drh. Ari Priyanto mengatakan, dengan jumlah tersebut, maka target hewan yang divaksin rabies telah terpenuhi. Sebab selama ini targetnya 2.000 ekor. Meliputi semua HPR, baik jenis anjing, kucing maupun kera.

“Sekarang sudah didapatkan lebih kurang 2.100 ekor untuk semuanya. Jadi target untuk vaksinasi sudah terpenuhi,” kata Ari mewakili Plt. Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanggamus Hasanuddin.

Meski demikian, pihaknya akan terus melanjutkan vaksinasi sampai akhir tahun. Tujuannya untuk memperbanyak hewan yang divaksinasi, meski target telah terpenuhi. ”Sekarang ini fokusnya pada lokasi-lokasi yang populasi hewannya sedikit-sedikit. Sedang untuk daerah kantong-kantong sudah semua,” ujarnya.

Dilanjutkan, untuk penyisiran tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanggamus masih memiliki beberapa puluh dosis. Kecamatan yang menjadi sasaran adalah Gisting, Kotaagung Timur, Airnaningan, Ulubelu, Semaka, Bulok, dan Pugung.

“Untuk jenis hewannya, paling banyak kucing. Kemudian anjing. Ada juga kera sekitar 10 ekor. Rata-rata tiap pemilik punya satu sampai lima ekor hewan peliharaan. Selama vaksinasi rabies, kondisi hewan-hewannya sehat. Tidak ada terjangkit penyakit rabies. Hanya penyakit kulit biasa yang bisa diatasi,” sebut dia. (ehl/iqb/ais)



Komentar

Rekomendasi