oleh

Meriahnya Festival Kopi Lampung

radarlampung.co.id – Sebanyak lima ribu cup kopi Lampung disediakan gratis untuk masyarakat dalam peresmian Festival Kopi Lampung 2019  di Elephant Park, Rabu malam (6/11). Kegiatan ini dibuka Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Wakil Gubernur Chusnunia Chalim bersama Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Abdul Rohim.

Dalam kegiatan yang dipadati masyarakat tersebut, dipamerkan ratusan produk olahan kopi Lampung dari berbagai daerah. Mulai Lampung Tengah hingga Lampung Barat dan wilayah lain. Turut ambil bagian stan dari provinsi lain.

Selain itu, empat bupati mendapat penghargaan sebagai daerah penghasil kopi terbaik. Yakni Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Plt. Bupati Lampung Utara Budi Utomo, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, dan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya.

Apresiasi juga diberikan kepada empat wanita inspiratif yang berpengaruh dengan kepeduliannya terhadap Kopi Lampung. Mereka adalah Riana Sari, Chusnunia Chalim, Duta Kopi 2019 Tri M, dan ibu rumah tangga asal Lampung Barat Nurma.

Dalam sambutannya Arinal mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun kepedulian masyarakat untuk mencintai kopi Robusta Lampung. Kemudian menumbuhkan brand image kopi Robusta, pencapaian produktivitas dan berjaya di Lampung serta Indonesia.

”Lampung merupakan pintu gerbang yang ikut menyumbang peningkatan ekspor di Indonesia ke beberapa negara di dunia, bersama Bengkulu dengan total 21 ribu ton,” kata Arinal.

Menurut dia, even skala nasional ini sengaja diberikan tema Woman and Coffee. Sebab perempuan memiliki pengaruh dalam proses penanaman hingga pengolahan.

”Saya berharap Festival Kopi bisa mengedepankan produktivitas. Kopi sebagai produk kecantikan untuk kaum wanita. Tahun depan, kita akan adakan Festival Kopi di Bakauheni dengan target 30 persen masyarakat Jakarta akan berkunjung menikmati pemandangan yang ada sebagai peningkatan pariwisata tingkat nasional,” tegasnya. (mel/ais)



Komentar

Rekomendasi