oleh

Pairin: Sekolah Layak Anak Jangan Hanya Deklarasi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mendukung penuh pelantikan sekolah ramah anak bagi pendidik dan tenaga kependidikan lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Lampung (Unila).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pemkot Metro itu dihadiri langsung oleh Wali Kota Metro Achmad Pairin, Wakil Wali Kota Djohan, dan tamu undangan lainnya dengan peserta sekitar 70 orang dari guru SD, SMP, dan SMA.

Dalam sambutannya Pairin menuturkan bahwa anak merupakan potensi sangat penting sebagai generasi penerus bangsa, yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional. Sehingga harus dilindungi dan dipenuhi haknya.

“Yang kita ketahui kasus kekerasan terhadap anak tidak ada habis-habisnya, kasus ini fenomena sosial yang sangat memperihatinkan, perlu peran masyarakat, pendidikan, keluarga, serta lingkunganan,” ungkapnya, Rabu (6/11).

Menurutnya untuk mempercepatan Metro menjadi kota layak anak, Pemkot telah melakukan beberapa upaya. Di antaranya dengan menetapkan 25 sekolah ramah anak 2018 lalu dan diharapkan seluruh sekolah di Metro menyusul menjadi sekolah ramah anak.

“Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana, terutama dalam belajar. Sehingga peserta didik dapat aktif mengembangkan potensi diri, yang nantinya kita harapkan dapat menguatkan spiritual, kecerasan ahlak, keterampilan, dan lainnya,” ujarnya.

Dijelaskan Pairin, sekolah ramah anak sangat penting karena dapat menekan kekerasan kepada anak. “Deklarasi ini bukan simbol saja, tapi harus dapat dilaksanakan dengan baik dan menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain,” ucapnya. (pip/sur)



Komentar

Rekomendasi