oleh

Ada Shortcut, 5 Kelurahan di Bandarlampung Ini Tetap Harus Rela Dilintasi Babaranjang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Wacana pembangunan jalur kereta api (KA) Tegineneng Km3 – Tarahan (shortcut) terus dikebut. Di mana, adanya proyek tersebut bertujuan untuk mengalihkan perlintasan KA Babaranjang ke jalur luar Kota Bandarlampung.

Namun untuk diketahui, sedikitnya ada lima kelurahan di empat kecamatan di Bandarlampung yang harus rela terlewati jalur tersebut. Sehingga, mau tidak mau KA Babaranjang tetap melintas di wilayah tersebut.

Ya, megaproyek senilai Rp3,8 triliun itu bakal melintasi Kelurahan Sukarame Baru, Kecamatan Sukarame; Kelurahan Sukabumi dan Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi; Kelurahan Bumi Kedamaian, Kecamatan Kedamaian; dan Kelurahan Ketapang, Kecamatan Panjang.

Demikian terungkap dalam kunjungan kerja DPRD Bandarlampung ke Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung, Kamis (7/11).

Plt. Kepala Dishub Lampung Bambang Sumbogo menegaskan, proyek tersebut dipastikan terus berjalan. “Di Kementerian Perhubungan kini proses penyiapan dokumen. Karena ini rencananya KPBU. Pada 2020 pelelangan, InsyaAllah. Pembebasan lahan 2020 dan semoga saja start pekerjaan pun pada tahun 2020 juga,” ujar Bambang kepada awak media usai menerima kunjungan.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Bandarlampung Yuhadi yang memimpin rombongan kunjungan tersebut menerangkan, tujuan kunjungan tersebut memang semata untuk memastikan kabar terkini terkait proyek longcut. Hal ini sejalan dengan wacana Pemkot Bandarlampung yang hendak membangun flyover yang bakal melintas di atas perlintasan kereta api.

“Kunjungan ini menjadi bekal awal kami mengkaji layak atau tidaknya dibangun flyover di atas perlintasan kereta api yang diwacanakan Pemkot pada 2020 mendatang. Ini semata untuk menghindari operleving atau dable account anggaran,” ucap Yuhadi. (sur)



Komentar

Rekomendasi