oleh

Babinsa Sukarame Dua Tinjau Pembangunan Bantuan Dana Desa

RADARLAMPUNG.CO.ID – Babinsa Kelurahan Sukarame Dua Sertu Novriadi meninjau Bantuan Dana Desa pembangunan Drainase sepanjang 70 Meter Lebar 35 Cm di Jalan Kesuma Yudha Gg Mushalla RT 7 LK 2 Kelurahan Sukarame 2 Kec Teluk Betung Barat, Kamis (07/11).

Novie mengatakan, Saluran drainase adalah salah satu bangunan pelengkap pada ruas jalan dalam memenuhi salah satu persyaratan teknis prasarana jalan. Saluran drainase jalan raya berfungsi untuk mengalirkan air yang dapat mengganggu pengguna jalan, sehingga badan jalan tetap kering. Pada umumnya saluran drainase jalan raya
adalah saluran terbuka dengan menggunakan gaya gravitasi untuk mengalirkan air menuju outlet. Distribusi aliran dalam saluran drainase menuju outlet ini mengikuti kontur jalan raya, sehingga air permukaan akan lebih mudahmengalir secara gravitasi.

“Menurut Fungsi Single Purpose, yaitu saluran yang berfungsi mengalirkan satu jenis airbuangan, misalnya air hujan saja atau jenis air buangan yang lainnya seperti limbah domestik, air limbah industri dan lain – lain dan Multi Purpose, yaitu saluran yang berfungsi mengalirkan beberapa jenis air buangan baik secara bercampur maupun bergantian” Kata Novie.

“Menurut Konstruksi
Sistem drainase terbuka ini termasuk dalam Saluran Terbuka.
Saluran Terbuka yaitu saluran yang lebih cocok untuk drainase air hujan yang terletak di daerah yang mempunyai luasan yang cukup, ataupun untuk drainase air non-hujan yang tidak membahayakan kesehatan/mengganggu lingkunganlingkungan,” tuturnya. (rls/ang)



Komentar

Rekomendasi