oleh

Pelajar Antusias Ikuti Sehari Belajar di Luar

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ratusan murid SMP Negeri 1 Kota Bandarlampung antusias melaksanakan sehari belajar di luar kelas. Ya, program ini sengaja dicanangkan pemerintah untuk memperingati Hari Anak Internasional.

M. A. Rifai selaku Waka Humas SMP N 1 Kota Bandarlampung mengungkapkan, murid kelas VII sampai kelas IX sangat antusias mengikuti setiap kegiatan yang telah diagendakan. Seperti salah satunya cuci tangan memakai sabun, lalu literasi dengan membaca buku-buku.

“Sangat antusias. Mereka berpartisipasi secara positif. Dari awal pukul 07.00 WIB hingga selesai. Mereka melakukan semua kegiatan dengan baik. Apalagi saat sarapan bersama, terlihat sekali mereka kompak,” katanya, Kamis (7/11).

Dia menjelaskan, ada sekitar 17 item kegiatan yang harus dilakukan sesuai petunjuk teknis, seperti saat di lapangan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, cuci tangan pakai sabun bersama, juga sarapan bersama dengan menu yang dibawa dari rumah masing-masing. Setelah itu literasi dengan membaca buku-buku kurang lebih selama 15 menit.

“Selain itu juga ada deklarasi sekolah ramah anak dengan membubuhkan tanda tangan seluruh guru dan siswa di atas kain sepanjang 20 meter,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, dalam setiap agenda ada tujuan khusus yang menjadi target, seperti membiasakan hidup sehat dengan mencuci tangan, menciptakan kebersamaan dan saling berbagi, serta tujuan positif lainnya.


Anak-anak SD Negeri Gotong Royong semangat menyanyikan lagu nasional Maju Tak Gentar. FOTO RURI/RADARLAMPUNG.CO.ID

Kepala SMP Negeri 1 Kota Bandarlampung Tri Priyono mengatakan, dengan adanya sehari belajar di luar diharapkan dapat tercipta iklim yang baik dan sehat di sekolah, tercipta pembiasaan yang baik dan bermutu, serta menciptakan kedisplinan seluruh warga sekolah.

“Harapan ke depan bahwa dengan melihat betapa pentingnya pembiasaan penanaman disiplin yang baik, mudah-mudahan akan menjadi sekolah yang memiliki karakter yang baik sesuai visi misi sekolah. Hari ini kita bebaskan anak-anak belajar di luar kelas, bukan dalam artian bebas keluar sekolah, tetap di dalam sekolah yang diisi dengan berbagai kegiatan,” ujarnya.

Selain itu juga, murid kelas I SD Negeri Gotong Royong juga melaksanakan kegiatan sehari belajar di luar dengan gembira dan senang. Anak- anak juga sangat antusias saat menyanyikan lagu nasional “Maju Tak Gentar”.

“Belajar di luar juga agar anak-anak tidak terlalu bosan selalu belajar di dalam kelas. Belajar di luar ini juga nanti kita masukkan ke dalam program kita, jika nanti sambutan yang ditunjukkan sangat bagus,” ungkap Kepala SD Negeri Gotong Royong Bandarlampung, Nurbaiti.

Untuk diketahui, Peringati Hari Anak Internasional pada 20 November mendatang, pemerintah melalui Kementerian PPPA RI (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) bekerjasama dengan Kerlip (Keluarga Peduli Pendidikan) menggelar Sehari Belajar di Luar Kelas secara serentak di seluruh Indonesia pada Kamis (7/11). (rur/sur)



Komentar

Rekomendasi