oleh

Pj. Sekkab Mesuji: Pungli Merusak Sendi Kehidupan!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pj. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mesuji Indra Kusuma Wijaya menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi dan Focus Group Discussion Saber Pungli Kabupaten Mesuji 2019 yang digelar di Balai Desa Brabsan Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (6/11) siang.

Dia menyambut baik terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut, dengan harapan kegiatan ini dapat mendukung peningkatan pelayanan yang lebih baik lagi di kabupaten yang berjuluk Bumi Ragab Begawe Caram Mesuji tersebut.

Sebab, menurutnya praktik pungli dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh sebab itu, kata dia, perlu dilakukan berbagai upaya nyata dalam melakukan pemberantasan pungli tegas secara terpadu. Sehingga dapat menimbulkan efek jera kepada para pelakunya.

Baca :   Setiap Desa di Mesuji Didorong Harus Miliki Produk Unggulan

Adapun sejumlah area yang menjadi fokus saber pungli yakni perizinan, hibah dan bantuan sosial kepegawaian, pendidikan dana desa, pelayanan publik, dan pengadaan barang dan jasa.

“Saya menyambut baik dilaksanakan kannya kegiatan ini dalam rangka kordinasi menyamakan persepsi serta melakukan evaluasi pemberantasan pungutan liar di wilayah penyelenggaraan kabupaten Mesuji,” ucap Indra.

Dia meminta dengan adanya acara ini saber pungli dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Melaksanakan amanah sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Ya, Perpres ini telah menginstruksikan pemberantasan praktek pungutan liar secara tegas dan terpadu, efektif, efisien, dan mampu memberikan efek jera karena praktek pungli meresahkan masyarakat dan menghambat proses pembangunan, juga dapat merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara jelasnya.

Baca :   Kompak, Tokoh dan Warga Pekon Sanggi Bongkar Pos Pungli

“Mudah-mudahan acara ini dapat dijadikan momentum dan motivasi bagi kita semuanya, khususnya para ASN untuk bekerja lebih profesional, transparan, efektif, dan efisien dalam mendukung penerapan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik,” ucapnya.

Acara tersebut diisi penyampaian materi oleh Polres Mesuji dan Inspektorat. Dihadiri seluruh kepala desa dan perangkat desa di Mesuji, Kepala Sekolah, dan Kepala Puskesmas yang ada di Mesuji. (muk/sur)



Komentar

Rekomendasi