oleh

Diduga Akibat Puntung Rokok, Hutan Bambu di Baradatu Terbakar

radarlampung.co.id – Kebakaran lahan terjadi di hutan bambu, dekat jembatan Kampung Banjarmasin, Baradatu, Waykanan. Peristiwa yang terjadi sejak Kamis malam (7/11) itu menyebabkan arus kendaraan di jalur tersebut sempat tesendat.

Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Waykanan, TNI dan Polri berupaya memadamkan api. ”Kebakaran di hutan bambu sudah diatasi. Titik api di kawasan tersebut berhasil dipadamkan,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Waykanan Bismijanadi.

Ia juga mengimbau masyarakat tidak membakar lahan atau membuang puntung rokok sembarangan. Sebab tindakan tersebut bisa menjdi pemicu kebakaran. ”Kebakaran di hutan bambu Kampung Banjarmasin ini kami duga berasal dari puntung rokok yang dibuang saat melwati daerah itu,” tegasnya.

Terpisah, Kapolres Waykanan AKBP Andy Siswantoro mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas kepada oknum yang sengaja membakar huan dan lahan.

”Untuk kebakaran hutan bambu yang ada di Baradatu, kami belum mengetahui secara pasti asal api. Diduga dari puntung rokok yang dilempar pengguna jalan,” tandasnya. (sah/ais)



Komentar

Rekomendasi