oleh

Over Pendaftar, Tiga Desa di Mesuji Gelar Seleksi Calon Kades

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tahun ini 20 desa di Kabupaten Mesuji bakal menyelenggarakan pilkades serentak. Tahap demi tahap sudah dilalui. Pun demikian dengan pendaftaran calon kepala desa (Kades).

Namun dalam prosesnya ada tiga desa yang harus melakukan seleksi. Itu lantaran jumlah pendaftar melebihi batas maksimum.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji Sunardi melalui Kabid Bina Pemerintah dan Kelembagaan Desa Marhakim kepada Radar Lampung saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Kamis (7/11), mengatakan batas maksimal calon kades yang mengikuti pilkades yakni berjumlah lima orang. Tapi kenyataan di lapangan, antusias masyarakat di tiga desa untuk menjadi kades cukup tinggi sehingga harus dilakukan proses seleksi.

“Ya, akan ada seleksi di desa yang lebih dari lima calonya, yakni Desa Harapan Jaya, Kecamatan Simpang Pematang 6 pendaftar; Desa Tanjung Serayan, Kecamatan Mesuji 7 pendaftar; dan Desa Bukoposo, Kecamatan Way Serdang 6 pendaftar,” ujar dia.

Ia menjelaskan, untuk desa-desa dengan jumlah pendaftar lebih dari 5 orang maka akan dilakukan tahapan seleksi tertulis, yang nantinya diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Dalam seleksi ini ada sejumlah poin yang menjadi penilaian.

Ya, sejatinya Pilkades serentak di Mesuji akan digelar pada 12 Desember 2019 mendatang. Setelah ditutupnya pendaftaran Pilkades pada 4 November 2019 kemarin, ada 78 orang mendaftar sebagai bakal calon kades. (muk/sur)



Komentar

Rekomendasi