oleh

Babak Baru, Kini Buruh Koperasi TKBM Laporkan Pengurus ke Polresta

RADARLAMPUNG.CO.ID – Anggota Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang, melalui perwakilannya Amry Yadi, melaporkan pengurus koperasi tersebut ke Polresta Bandarlampung. Laporan dilayangkan atas dugaan pemalsuan dan keterangan data palsu.

Ya, laporan anggota Koperasi TKBM itu tertuang dalam Nomor: TBL/B-1/4378/XI/2019/LPG/Resta Balam tanggal 6 November 2019. Laporan itu terkait dugaan memberikan keterangan palsu dalam data otentik dengan terlapor Indra Akhyadi, dkk, yang mengakibatkan korban mengalami kerugian hak-haknya sebagai anggota di dalam koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, sebagaimana diatur dalam UU Koperasi No.17 TH 2012 pengganti UU No 25 TH 1992 dan di dalam AD/ART Koperasi TKBM Panjang.

FOTO IST. FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

Amry menjelaskan, pihaknya melaporkan Indra dkk terkait dugaan pemalsuan data koperasi TKBM yang diajukan ke notaris. Diutarakan, terjadi perubahan struktur organisasi yang dilakukan di notaris tanpa adanya rapat anggota koperasi. Hal ini, kata dia, jelas melanggar undang-undang koperasi.

’’Kami duga ada upaya pemalsuan data yang tidak sesuai dengan hasil rapat di KSOP Panjang, karena hasil rapat tidak ada perubahan ADRT dan pembentukan ketua, agenda saat itu adalah membahas dugaan penyelewengan dana oleh Ketua Sainin Nurjaya, sehingga Ketua Sainin dinonaktifkan, lalu sebagai Wakil Ketua Samin berganti posisi menjadi ketua koperasi. Jadi tidak ada namanya rapat anggota luar biasa apalagi perubahan ADRT,” kata Amriadi, Sabtu (9/11), di kantor DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Laporan itu, terus buruh Pelabuhan Panjang ini, menyangkut adanya dugaan manipulasi data, sehingga pihak buruh dirugikan, karena buruh tidak memberikan amanah bahwa kepengurusan saat ini sah. Pengurus saat ini, terang dia, belum berdasarkan aturan dan AD/ART Koperasi TKBM. Alhasil, muncul desakan Rapat Anggota Luar biasa di Koperasi TKBM, untuk melahirkan pengurus baru, yang sesuai dan sejalan dengan apa yang diinginkan para buruh TKBM.



Komentar

Rekomendasi