oleh

Pemkab Tuba Mulai Pugar Tugu Garuda

radarlampung.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang mulai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai melaksanakan pemugaran tugu Garuda yang terletak di depan terminal induk Menggala.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tulangbawang M. Puncak Stiawan mengatakan, nilai kearifan lokal akan banyak di tonjolkan pada ornamen tugu garuda yang baru nanti.

Dijelaskan Dia, penentuan konsep dan ornamen kearifan lokal yang ada pada tugu baru juga hasil koordinasi dan musyawarah dengan tokoh adat Megou pak.

“Kita minta masukan dan saran kepada tokoh adat terkait pemugaran tugu Garuda,” kata Puncak, Minggu (10/11).

Dilanjutkannya, saran dan masukan dari tokoh adat itu berkaitan dengan bagaimana idealnya ornamen yang ada pada tugu Garuda.

Baik ornamen yang sudah ada saat ini ataupun ornamen tambahan yang ideal sesuai dengan nilai histori kearifan lokal adat Megou pak Tulangbawang.

“Karena tugu Garuda ini sudah menjadi ikon yang punya nilai kearifan lokal masyarakat Tulangbawang. Jadi untuk menjaga nilai kearifan lokal ini mangkanya kita minta saran dan masukan tokoh adat, bagaimana idealnya,” terang mantan kepala Diskominfo Tulangbawang itu.

Puncak menerangkan, untuk melakukan pemugaran tugu Garuda, pihaknya telah menganggarkan 5 Miliar rupiah.

“Tahap pertama yang sudah tayang di RUP itu sejumlah Rp 5 Miliar. Itu sumbernya dari APBD Tulangbawang. Kalau memang anggaran ini dirasa cukup, berarti clear,” ungkapnya.

Selain memugar tugu garuda, di tahun ini Pemkab Tuba juga akan melaksanakan pembangunan tugu gerbang masuk Tulangbawang di kampung Astraksetra dan tugu ornamen BMW lengkap dengan taman di simpang penawar, Kecamatan Banjarmargo.

“Tahun ini kita akan mulai bangun dan renovasi tiga tugu sekaligus. Tiga tugu ini nantinya akan menjadi Ikon kebanggaan masyarakat Tulangbawang,” terang Puncak. (nal/wdi)



Komentar

Rekomendasi