oleh

Peringati Hari Pahlawan, Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Festival Seni untuk Bentuk Generasi Kreatif dan Berprestasi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ratusan pelajar dari seluruh SMA/SMK/MA se Provinsi Lampung ikuti setiap cabang lomba di Festival Seni Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) tahun 2019 yang diselenggarakan pada 12-13 November 2019 dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke 74. Festival Seni yang digelar di Indoor Gelanggang Mahasiswa tersebut, diikuti oleh 90 tim dengan 525 peserta dari kabupaten kota di Provinsi Lampung.

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H.M. Nasrullah Yusuf,SE.,M.BA., mengatakan dengan festival seni yang diselenggarakan bertujuan untuk mengenang semangat para pahlawan untuk mempersatukan bangsa Indonesia, sehingga para siswa dapat mengambil nilai semangat para pahlawan untuk mencapai Indonesia Unggul.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk membentuk generasi muda kreatif dan berprestasi. Melalui seni, kita akan bangun Indonesia lebih cemerlang di masa yang akan datang,” kata Nasrullah, Selasa (13/11).

Pihaknya berharap, melalui festival seni tersebut akan melahirkan seniman-seniman muda, dan siswa SMA sederajat dapat melanjutkan seniman-seniman terdahulu.

“Misalkan, lomba baca puisi, nantinya diharapkan dapat menciptakan karya-karya puisi yang hebat. Melaui seni tari, akan membangun budaya Indonesia, dan mempromosikan budaya-budaya Indonesia, khususnya budaya Lampung di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga, melalui seni, nilai akademis siswa-siswa ini juga meningkat,” ujarnya.

Lanjutnya, Universitas Teknokrat masih konsisten mendukung program pemerintah dengan mengembangkan seni dan budaya. Menurutnya, untuk mengembangkan seni dan budaya tidak bisa dikembangkan di perguruan tinggi, tapi harus dimulai dari tingkat pelajar. Karena itulah, dalam Festival Seni ini pesertanya dari siswa.

Dari 525 peserta, terbagi menjadi beberapa cabang lomba, yaitu 41 peserta puisi, 16 tim band, 20 tim tari tradisional, 12 tim modern dance dan 5 tim paduan suara.

Untuk diketahui, Festival Seni Universitas Teknokrat Indonesia Tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Lampung dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan ke 74 yang bertemakan “Membangun Generasi Unggup melalui Seni dan Budaya”. Sedangkan, juri-juri pada festival seni Teknokrat juga berkompeten di bidangnya, diantaranya Budayawan Lampung Isbedi Setiawan,Z.S, juri lomba puisi. (rur/ang)



Komentar

Rekomendasi