oleh

Lampung Usulkan Cabor Angkat Besi Masuk Porwil

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X sudah berakhir di Bengkulu, Sabtu (3/11) lalu.

Riau menjadi pemuncak klasemen. Sedangkan Lampung di posisi 7 dengan 12 medali emas, 14 perak, dan 12 perunggu.

Gelaran serupa akan kembali digelar tahun 2023. Dengan Aceh sebagai tuan rumah. Ini kemungkinan sangat bertepatan dengan agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di tahun 2024, di mana Aceh bersama Sumatera Utara menjadi tuan rumahnya.

Aceh terpilih sebagai tuan rumah Porwil ke-XI dalam sebuah pertemuan antar ketua KONI se Sumatera di Hotel Grage Bengkulu, Minggu (4/11) lalu.
Kemenangan itu diraih dengan voting, karena ada tiga provinsi yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah, yakni Aceh, Jambi, dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Baca :   Bela Diri Dominasi Hasil Talent Scouting

Karena tidak dapat diputuskan dalam aklamasi, keputusan diambil menggunakan voting. Hasilnya Aceh mendapatkan 6 suara, Jambi 3 suara, dan Sumsel 1 suara.

Menurut Ketua Harian KONI Lampung, Hanibal yang saat itu sebagai utusan KONI Lampung, sebenarnya dari ketiga daerah itu masing-masing mengajukan proposal dan melakukan presentasi kelebihan mereka. “Yang jelas keputusan dilakukan dengan demokrasi,” katanya.

Hanibal menegaskan bahwa kelak dalam rapat kerja KONI se Sumatera akan diusulkan cabang olahraga andalan Lampung yakni Angkat Berat dan Angkat Besi.

Baca :   KONI Siapkan Sanksi "Kejam" untuk Atlet Tak Lolos Tes

“Ya sama-sama mengikuti pra PON, akan jauh lebih baik jika cabang ini disetujui masuk dalam agenda cabang olahraga Porwil. Seperti jua renang dan atletik yang menjadi unggulan Riau misalnya,” tambah Hanibal.

Jika bisa disetujui minimal tujuh daerah saja, kemungkinan akan bisa dilaksanakan cabang Angkat Besi dan Angkat Berat di Porwil. “Ya memang harus mendapatkan persetujuan daerah lain. Hampir semua provinsi di Sumatera punya cabor Angkat Besi, semoga bisa berhasil disetujui,” tandasnya. (rls/nca/sur)

Komentar

Rekomendasi