oleh

Hujan Lebat dan Angin Kencang Tiga Hari Ke Depan

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang akan terjadi dalam tiga hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, kondisi tersebut harus diwaspadai. Untuk Bandarlampung, hujan terjadi mulai Kamis (14/11). Menurut dia, massa udara basah yang membawa uap air dari Asia terkonsentrasi di sebagian wilayah Lampung. Kelembaban udara pada lapisan 850mb, 700mb, dan 500mb cukup basah, mengandung uap air.

”Anomali suhu air laut di perairan Timur Lampung menghangat dan mengindikasikan potensi penambahan massa udara basah yang mengandung uap air. Hal tersebut dapat menimbulkan potensi pembentukan awan konvektif di sebagian wilayah Lampung yang menimbulkan hujan intensitas ringan hingga lebat,” kata Rudy.

Baca :   MALAM YANG SEJUK

Dilanjutkan, berdasar analisis kondisi dinamika atmosfer tersebut, secara umum wilayah Lampung diperkirakan cerah berawan hingga berawan.

Untuk wilayah yang patut diwaspadai terhadap kemungkinan terjadi hujan lebat di antaranya Lampung Tengah dan Lampung Utara. ”Selain itu, Metro, Lampung Timur, Lampung Selatan, Bandarlampung, Pesawaran, Pringsewu, dan Tanggamus pada pagi hari. Lalu Waykanan, Tulangbawang Barat, Lampung Utara, Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Tengah, Tanggamus, Lampung Selatan, Bandarlampung, Pesawaran, Pringsewu, Metro, dan Lampung Timur pada siang hingga sore hari. Jadi harus selalu waspada,” paparnya. (mel/ais)



Komentar

Rekomendasi