oleh

Usulan Masyarakat, Unila Tambah Tambah Mahasiswa Penerima Bidikmisi

RADARLAMPUNG.CO.ID- Jumlah mahasiswa penerima beasiswa bidik misi Universitas Lampung (Unila) bertambah menjadi 920 orang. Jumlah tersebut bertambah setelah mendapatkan usulan masyarakat sebanyak 28 orang.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Hero S. Arief menjelaskan, sebelumnya jumlah mahasiswa penerima bidik misi tahun akademik 2019/2020 sebanyak 892 orang. Kemudian, terdapat usulan masyarakat sebanyak 28 orang.

“Tapi itu khusus untuk Fakultas Pertanian saja. Jadi mahasiswa bidik misi ada tambahan 28 orang,”kata Hero, Kamis (14/11).

Hero menjelaskan, usulan masyarakat tersebut bisa berupa usulan dari kelurahan, kelompok masyarakat ataupun DPR yang diajukan langsung ke pemerintah pusat, kemudian pusat akan menginformasikan kampus yang bersangkutan bahwa akan mendapatkan tambahan kuota.

“Kita tidak menyeleksi lagi. Jadi kita memverifikasi berkas sebagai persyaratannya untuk menjadi mahasiswa penerima beasiswa bidik misi. Syaratnya masih sama seperti yang awal,” ujarnya.

Biaya pendidikan untuk mahasiswa penerima bidik misi sebesar Rp2.400.000 per semester per anak, dan biaya hidup Rp 4.200.000 per semester per anak.

Ia menambahkan, selain beasiswa bidik misi, juga ada beasiswa yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Tanggamus serta beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Beasiswa dari Pemkab Tanggamus, lanjutnya, merupakan beasiswa yang diberikan Pemkab Tanggamus untuk putra daerahnya, yang benar-benar asli Tanggamus.

“Kemarin kita baru Mou dengan Pemkab Tanggamus, jadi Pemkab Tanggamus membiayai untuk UKTnya saja, biaya hidup ditanggung mahasiswa. Tahun ini kita usulkan 15 mahasisw, tetapi saat diseleksi ada yang bukan asli Tanggamus, jadi ada 12 orang,” tuturnya.

Sementara, mahasiswa penerima beasiswa PPA tahun ini sebanyak 907 orang yang terdiri dari semua angkatan, dan fakultas.

“Sebelumnya kita mendapat kuota 856 orang, lalu ada usulan masyarakat sebanyak 51 orang, dan total 907 orang,” ucap Hero.

Ia menambahkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh mahasiswa untuk pandai-pandai mencari peluang mendapatkan beasiswa. Sebab, pemerintah Indonesia telah menyediakan berbagai macam-macam beasiswa.

“Tinggal kita sebagai mahasiswa untuk aktif mencari peluang mendapatkan beasiswa. Banyak beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia. Kita harus aktif mencari peluang itu,” pungkasnya. (rur/ang)



Komentar

Rekomendasi