oleh

Diresmikan Presiden, Tol Terpeka Digratiskan Sebulan

radarlampung.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung (Terpeka) di gerbang tol Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Jumat (15/11). Ruas tol yang mulai dibuka untuk umum, Sabtu (16/11) pagi, bisa dilalui secara gratis selama satu bulan ke depan.

Menurut Presiden, dengan selesainya ruas Terbanggibesar, Lampung hingga Kayuagung, Sumatera Selatan, total jalan tol yang telah terbangun selama 5 tahun sepanjang 1500 Kilometer.

“Nanti kalau Desember tambah lagi Kayuagung-Palembang tambah Manado-Bitung, Balikpapan-Samarinda Insya Allah target 1800 kilometer akan tercapai. Untuk operasional (Ruas Terpeka) besok pagi sudah dioperasikan, untuk dicoba dulu sebulan digratiskan,” kata Jokowi saat peresmian.

Dengan telah selesai JTTS di Lampung, Jokowi meminta untuk pembangunan jalan tol diteruskan hingga ke Aceh. Terlebih saat ini di Aceh pembebasan tanah sudah 52 persen.

Dengan harapan setelah semuanya terhubung bisa meningkatkan mobilitas mulai barang, orang dan infrastruktur semakin baik. “Maka saya targetkan pembangunan JTTS selesai sampai Aceh pada 2024,” tambah  Jokowi.

Jokowi meminta kepada kepala daerah untuk melanjutkan pembangunan dengan menyambungkan titik-titik ekonomi  baru.

“Saya sudah sampaikan ke gubernur walikota bupati untuk menyambungkan ke sentra pariwisata, sentra produksi perikanan, perkebunan sehingga muncul titik-titik ekonomi baru termasuk Zona-zona industri. Tapi kalau kepala daerah nggak mampu ya pusat lagi, tapi saya cek dulu,” imbuhnya.

Jokowi mengatakan dengan diresmikannya JTTS ruas Terpeka ini Lampung-Palembang bisa ditempuh hanya dengan waktu tersingkat 3 jam. “Dulu Lampung-Palembang 9-10 atau 11 jam sekarang bisa 3 jam itu yang namanya kecepatan, itu namanya efisiensi,” tandasnya. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi