oleh

Masuki Musim Penghujan, Lamtim Rawan Banjir dan Puting Beliung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Timur menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan puting beliung.

Kepala BPBD Kabupaten Lampung Timur Mansyur Syah menjelaskan,  Lamtim merupakan daerah rawan bencana banjir dan puting beliung.

Karenanya, memasuki musim penghujan ini kewasdapadaan terhadap bencana banjir dan puting beliung perlu ditingkatkan. Sebab, sebagian besar wilayah Lamtim masuk dalam daerah aliran sungai besar.  Seperti Sungai Way Sekampung yang sering meluap di saat musim penghujan.

Menurutnya, sejumlah wilayah yang rawan banjir antara lain, Kecamatan Pasirsakti, Jabung, Sukadana, Batanghari, Matarambaru, Way Bungur, Bumiagung dan Labuhanmaringgai.

Karenanya, BPBD menghimbau masyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) untuk meningkatkan kewaspadaan. Antara lain, menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian, tidak membuang sampah sembarangan di sungai atau saluran pembuangan air.

Dilanjutkan, selain banjir sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Timur juga rawan bencana angin puting-beliung. Berdasarkan data wilayah yang pernah terdampak puting-beliung antara lain, Kecamatan Pasirsakti, Labuhanmaringgai, Jabung, Wawaykarya, Margasekampung, Margatiga, Wayjepara, Labuhanratu, Sukadana dan Waybungur serta Pekalongan.

Karenanya, BPBD Lamtim menghimbau masyarakat Lampung Timur meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana puting-beliung yang sering terjadi di saat musim penghujan seperti saat ini.

Dilanjutkan, salah satu upaya yang perlu dilakukan masyarakat untuk mengurangi dampak bencana puting beliung  antara lain memangkas dahan atau ranting pohon yang berada di sekitar rumah. Pertimbangannya, sebagian besar rumah yang mengalami kerusakan berat ketika terjadi bencana tersebut akibat tertimpa pohon.

“Khusus untuk daerah rawan bencana puting-beliung,  sebaiknya tebang pohon besar yang berada persis di samping rumah,” imbau Mansyur.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi bencana yang terjadi saat musim penghujan, BPD telah menyiagakan tim tanggap bencana (Tagana) guna memantau wilayah-wilayah yang rawan bencana, baik itu banjir mauapun puting beliung.

Selain itul, BPBD juga segera menerbitkan surat edaran kepada seluruh camat agar mengingatkan warganya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan puting beliung. “Kami juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk bersama-bersama mengambil langkah antisipasi bencana,” imbuh Mansyur Syah. (wid)

Komentar

Rekomendasi