oleh

Anggota Kodim 0410/KBL Peltu Adi Purnomo dan Sertu Septianto Jadi Pemateri 5 Krida Bahas Tentang Mountenering

RADARLAMPUNG.CO.ID – Anggota Kodim 0410/KBL Peltu Adi Purnomo dan Sertu Septianto menjadi pemateri 5 Krida yang salah satunya membahas tentang Mountenering dalam acara Perkemahan Sabtu Minggu Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0410/KBL di Kwarcab Pramuka Bandar Lampung Jalan Kepayang RT 05 LK II Kelurahan Rajabasa Pemuka Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung, Sabtu (16/11/2019).

Adi Purnomo mengatakan, Mountaineering adalah teknik mendaki gunung. Dalam pendakian gunung ini kita harus dapat berpikir secara logis.
Ini adalah elemen yang terpenting dalam membuat keputusan selama pendakian, dimana cara berpikir seperti ini lebih banyak mempertimbangkan faktor safety atau keselamatannya dan memiliki pengetahuan dan keterampilan. Meliputi pengetahuan tentang medan (navigasi darat) ,cuaca dan teknik pendakian , pengetahuan tentang alat pendakian atau pemanjatan dan sebagainya.

“Ada beberapa teknik/tips dalam melakukan penyeberangan disungai :
Carilah Jembatan Jika jembatan tidak ada jangan berharap ada yang mau buatkan jadi carilah daerah aliran sungai tak beriak, deras dan dalam biasanya semakin ke hulu aliran sungai seperti itu ada Jika kalian menyeberangi sungai dan ada tali, ada yang tau berenang ada juga tidak maka itu yang tau berenang menyeberang kesebelah dengan diikat tali lalu tali tali itu di tambatkan sudah itu nyebrang mako, Pada saat menyeberang sungai kalian bisa membawa tongkat untuk menjaga keseimbangan dan juga berguna untuk mengukur kedalaman air Ingatlah jika menyeberang sungai jangan pernah membelakangi arah arus air hadapilah walau itu deras karena kalian akan jauh lebih kokoh dan lintasan jalur yang kalian lalui ada baiknya diagonal begitupun jika kalian menyeberang secara tim,” Kata Septianto. (rls/ang)



Baca :   Babinsa Campangraya Dipercaya Sebagai Pelopor Pembangunan Rumah Pasca Kebakaran

Komentar

Rekomendasi