oleh

Fitur Jumlah Pelamar CPNS 2019 Ditiadakan

radarlampung.co.id – Pemerintah Pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) meniadakan fitur jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Hal ini ditegaskan Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara, Paryono melalui rilisnya yang diterima radarlampung.co.id, Sabtu (16/11).

Pihaknya menyebut, fitur jumlah pelamar dalam portal https://sscn.bkn.go.id seperti tahun 2018 yang bisa diakses melalui menu Sistem Pencarian Formasi (SPF) dalam portal SSCN, publik dapat mengetahui data jumlah pelamar pada setiap formasi secara real time.

“Kami sampaikan bahwa menu SPF pada portal SSCN kini ditiadakan. Hal ini disebabkan ditemukannya indikasi tindak kecurangan penyalahgunaan data pelamar yang termuat dalam menu SPF yang dilakukan oleh sejumlah oknum. Dengan cara mendaftarkan sejumlah pelamar fiktif pada formasi tertentu agar terlihat telah banyak pendaftar,” kata Paryono.

Paryono melanjutkan banyaknya jumlah pelamar diharapkan mampu mengecoh calon pelamar sehingga formasi tersebut tidak lagi menjadi pilihan pada penerimaan CPNS 2018.

“Karena itu, fitur tersebut ditiadakan demi menciptakan kompetisi adil tanpa pelamar terpengaruh dengan kuantitas pelamar yang telah melamar pada formasi tertentu pada pelaksanaan seleksi CPNS 2019,” tambahnya.

Sebagai alternatif, Biro Humas BKN memberikan update jumlah pelamar, di antaranya memuat informasi pelamar yang sudah membuat akun, sudah mengisi formulir, sudah submit, serta lima instansi yang masuk Top 5 Instansi dan 10 formasi atau Top 10 Formasi yang paling banyak dipilih pelamar seleksi CPNS 2019 melalui kanal media sosial resmi yang dapat dipantau oleh pelamar setiap harinya.

Sementara sistem ini juga mengatur untuk formasi CPNS yang disediakan Pemprov Lampung. Total ada 435 formasi dengan rincian tenaga pendidik 184 formasi, tenaga kesehatan 45 formasi, dan tenaga teknis 206 formasi.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Yurnalis melalui mengatakan, Pemprov Lampung juga menggunakan sistems serupa. “Iya, karena itu sistem yang dibangun BKN,” kaya Yurnalis, Sabtu (16/11).

Sementara hingga saat ini, pendaftar CPNS Pemprov Lampung terus bertambah. Namun Yurnalis memastikan tidak ada keluhan dari calon pendaftar maupun yang sudah mendaftarkan diri dengan adanya perubahan fitur SPF ini. “Sejauh ini tidak ada (keluhan),” tandasnya. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi