oleh

53 Unit Daihatsu di Lampung Masuk Daftar Recall

radarlampung.co.id – Astra Daihatsu Lampung hingga saat ini telah menyelesaikan proses recall sebanyak 10 unit kendaraan Luxio dan Gran Max 1.5. Adapun proses recall ini sudah berlangsung sejak dua pekan lalu, tepatnya Senin (4/11).

Kepala Cabang Astra Daihatsu Ahmad Yani Lampung Andrianto Saudin mengatakan, adapun total unit recall yang dilakukan di Lampung sebanyak 53 unit dari tiga dealer yang ada di Provinsi Lampung.

Masing-masing dari showroom Tunas Daihatsu Metro sebanyak 3 unit Gran Max 1.5, showroom Astra Daihatsu Bandarjaya sebanyak 2 unit Gran Max 1.5 serta showroom Astra Daihatsu Lampung Ahmad Yani sebanyak 2 Luxio dan 46 Gran Max 1.5.

“Jadi kalau untuk di Lampung total yang di recall itu sebanyak 53 unit, terdiri dari 2 unit Luxio dan 51 unit Gran Max 1.5. Untuk proses recall memang tidak ditentukan batasannya, tapi kita harapkan bisa selesai dengan segera,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Senin (18/11).

Ia mengatakan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia memutuskan untuk melakukan program recall untuk unit Gran Max 1,5 L dan Luxio. Adapun total unit yang di recall secara keseluruhan sebanyak 36.915 unit.

Program recall sendiri dilakukan untuk pergantian komponen Connecting Rod pada mesin 1.5L 3SZ, Gran Max 1,5L dan Luxio yang diproduksi pada Maret 2018 hingga April 2019. Connecting rod merupakan bagian dari mesin yang menghubungkan piston dengan crankshaft.

Pergantian part yang dilakukan dalam recall tersebut memang tidak berakibat fatal. “Namun karena tidak sesuai dengan standar yang kita inginkan, maka dilakukan recall. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab dan pelayanan kita kepada customer kita,” katanya.

Di Lampung, sambungnya, ada tiga dealer yang terlibat dalam proses produksi dan mengikuti program recall. Yakni Daihatsu cabang Ahmad Yani (Bandarlampung), Tunas Daihatsu Bandarjaya, dan Tunas Daihatsu Natar.

“Dalam hal ini, kita juga bekerjasama dengan Astra World untuk menyebarkan SMS ke konsumen dan melakukan himbauan untuk melakukan recall ini serta mengatur Jadwal pergantian partnya. Tapi dari bengkel kita juga lakukan inisiatif untuk menghubungi customer supaya bisa mengikuti program recall,” tandasnya.

Menurutnya, roses recall sendiri dilakukan di bengkel Daihatsu yang ada di berbagai tempat. Untuk prosesnya, mobil dititipkan selama satu sampai dua hari. “Kalau untuk part nanti sesuai dengan jumlah mobil yang terdaftar untuk melakukan recall,” pungkasnya. (ega/kyd)



Komentar

Rekomendasi