oleh

Unila Lepas Lima Kelompok Mahasiswa yang Ikut Dalam Kewirausahaan di Batam

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung (Unila) melepas lima kelompok mahasiswa untuk mengikuti kewirausahaan mahasiswa Indonesia di Batam pada 22-24 November mendatang. Pelepasan dilakukan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Karomani di ruangannya.

Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Unila Komarudin menjelaskan, lima kelompok mahasiswa Unila tersebut nantinya akan berkompetisi di kewirausahaan mahasiswa Indonesia di Batam. Nantinya ada empat kelompok di empat kategori yang akan mempresentasikan produknya.

“Hari ini minta restu dan dukungan dari pihak kampus untuk adik-adik mahasiswa yang akan berkompetisi di Batam. Agar mahasiswa ini mendapatkan semangat untuk kompetisinya nanti,” kata Komarudin, Senin (18/11).

Ia menuturkan, kewirausahaan mahasiswa Indonesia merupakan kelanjutan dari kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia yang digelar oleh Kemenristekdikti. Dari Unila, ada 8 tim yang lolos. Kemudian, tim yang lolos mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti untuk pengembangan usahanya.

Baca :   44 Insyiur PPI Unila Dikukuhkan

“Dari dana hibah tersebut, dilihat lagi, usahanya meningkat atau tidak. Meningkat atau tidaknya ini yang menjadi penentu untuk lanjut ke kewirausahaan mahasiswa Indonesia. Dari 8 tim, ada 5 tim yang lolos ke kewirausahaan mahasiswa Indonesia,” jelasnya.

Sementara, Albet Maydiantoro Kepala divisi kewirausahaan dan inkubator bisnis CCED Unila mengatakan, Unila mengikuti lima kategori, yaitu industri makanan minuman, industri kreatif, industri jasa dan perdagangan, industri produksi, dan industri teknologi. Di mana, pihaknya menargetkan kelima tim ini nantinya akan mendapatkan yang terbaik.

“Tahun lalu kita mendapatkan juara. Ya tahun ini, kita berharap bisa kelimanya, tetapi kita berusaha akan mendapatkan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Baca :   Gerakan 313 untuk Pendidikan dan Dakwah

Salah satu mahasiswa yang ikut dalam kewirausahaan mahasiswa Indonesia di kategori industri makanan minuman, Sarah Mariska Putri, menjelaskan, timnya membuat industri makanan cireng salju dengan berbagai varian rasa. Rasanya sendiri diambil dari warna makanan alami, seperti dari bayam hijau, bayam merah, ubi ungu, wortel dan lainnya. Pewarna makanan alami itulah yang menjadi keunggulan dari produknya.

Prof Karomani selaku Wakil Rektor III Unila menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi mahasiswa di bidang kewirausahaan. Ke depannya, pihaknya akan melakukan penguatan di bidang kewirausahaan mahasiswa.

“Nanti akan kita rumuskan lagi kebijakannya seperti apa, dan lainnya,” pungkasnya. (rur/ang)



Komentar

Rekomendasi