oleh

Polres Lamtim Siap Tindak Tegas Perusuh Pilkades Serentak

RADARLAMPUNG.CO.ID – Polres Lampung Timur (Lamtim) menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Selasa (19/11).

Kapolres Lamtim AKBP Taufan Dirgantoro menjelaskan, Pilkades serentak dilaksanakan di 152 desa yang tersebar di 24 kecamatan, Rabu (20/11). “Apel pergeseran pasukan itu sebagai tahapan managemen operasional dan kesiapan pasukan pengamanan,” ujarnya.

Menurutnya, kesiapan pengamanan Pilkades serentak merupakan fase penting dalam mengawal pesta demokrasi di tingkat desa. Terutama saat pemungutan dan penghitungan suara personil akan  dihadapkan berbagai potensi permasalahan.  “Antara lain, dengan jumlah calon kepala desa yang mencapai 532 orang. Sedangkan, yang bakal terpilih hanya 152,” jelasnya.

Baca :   IK-DMI Lampung Timur Gelar Simposium Keagamaan dan Kebangsaan

Karenanya untuk pengamaman Pilkades serentak Polres Lamtim menerjunkan 712 personil ditambah 30 personil dari Brimob, 60 personil dari Dit Samapta Polda Lampung. Kemudian, ditambah 180 personil gabungan dari Polres Metro, Polres Lampung Selatan, Polres Lampung Tengah dan Polres Tulang Bawang.  Kemudian, 248 personil TNI dari Kodim 0429 Lamtim dan 304 personil Polisi Pamong Praja.

Baca :   Tarik Simpati, Calon Kades Lomba Pasang Poster

“Kami akan mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang berusaha mengacau dan menggagalkan Pilkades serentak,” tegas Kapolres didampingi Dandim 0429 Letkol M.Darwis.

Masih menurut Kapolres, mulai hari ini seluruh personil akan ditempatkan di desa yang menggelar Pilkades serentak. (wid/ang)



Komentar

Rekomendasi