oleh

Top ! Tubaba Raih Swasti Saba Padapa 2019

Radarlampung.co.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) meraih penghargaan Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Padapa 2019.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menganugerahkan penghargaan tersebut kepada Bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Penghargaan diterima Wakil Bupati Tubaba, Fauzi Hasan, SE., MM di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Diketahui, Swasti Saba merupakan penghargaan untuk kota maupun kabupaten sehat yang terbagi dalam tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara). Penghargaan Kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Wakil Bupati Fauzi Hasan mengungkapkan  rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan Kabupaten Tubaba menjadi Kabupaten Sehat.

“Kami sangat bersyukur apa yang kita harapkan atas kerja keras kita bersama dengan seluruh masyarakat dapat terwujud. Untuk itu, penghargaan ini tentunya diharapkan dapat menjadi motivasi kita untuk terus berbuat khususnya dibidang kesehatan,” katanya.

Menkes RI Terawan Agus Putranto berharap pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat. Dia juga menegaskan bahwa Program KKS (Kabupaten/Kota Sehat) bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya.

Menkes juga menjelaskan penyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS. Ada 7 tatanan KKS, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum; Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi; Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Kawasan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri; serta Kehidupan Sosial yang Sehat. Setiap tahun genap, dilakukan verifikasi KKS tingkat provinsi. (rls/fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi