oleh

Ada yang Unik dari Pilkades Serentak di Mesuji Tahun Ini

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 20 desa di Mesuji akan mengikuti perhelatan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, pada 12 Desember 2019 mendatang. Tahapan demi tahapan pun sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat.

Pada pemilihan kepala desa serentak tersebut ada hal unik. Yang mana di Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, kandidatnya hanya dua orang yang merupakan pasangan suami-istri. Mereka adalah Sulham Effendi dan Susiana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji Sunardi melalui Kabid Bina Pemerintah dan Kelembagaan Desa Marhakim membenarkan jika ada pasangan suami istri yang mencalonkan diri sebagai kepala Desa. “Benar ada itu suami istri yang mencalonkan diri sebagai kepala desa, yakni berada di Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur,” sebutnya.

Dia mengatakan, sesuai peraturan memang bahwa dalam pilkades tidak boleh ada calon tunggal. “Ya memang agar tidak ada calon tunggal, pasangan suami istri yang bersaing,” jelasnya.

Menurutnya Pilkades serentak di Mesuji akan diikuti dua puluh desa di Mesuji dan tahapan demi tahapan pun sudah dilakukan.

Adapun 20 desa yang menggelar Pilkades serentak tersebut yakni berada di Kecamatan Simpangpematang meliputi Desa Simpangpematang dan Desa Harapan Jaya.

Lalu Kecamatan Rawajitu Utara meliputi, Desa Sidang Sido Rahayu, Desa Sidang Iso Mukti, dan Desa Panggung Jaya.

Selanjutnya Kecamatan Mesuji Timur meliputi Desa Talang Batu dan Desa Tanjungmas Mulya. Kecamatan Mesuji meliputi Desa Sungai Badak, Desa Nipah Kuning, Desa Wiralaga Satu, Desa Tirtalaga, Desa Tanjung Serayan, dan Desa Mulyasari.

Pada Kecamatan Wayserdang meliputi, Desa Gedung Boga, Desa Bukoposo, Desa Labuan Makmur, dan Desa Rejomulyo. Sementara Kecamatan Tanjungraya meliputi Desa Mekar Sari, Desa Bujungburing, dan Desa Tri Karya Mulya. (muk/sur)



Komentar

Rekomendasi