oleh

Pelapor dan Terlapor Masuk 10 Besar Komisioner KPU

radarlampung.co.id – KPU RI menetapkan komisioner kabupaten/kota termasuk di Lampung periode 2019-2024.

Hal tersebut merujuk pada  pengumuman Nomor: 71/SDM.13.Pu/05/KPU/XI/2019 tentang Penetapan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Provinsi Lampung Periode 2019/2024 tersebut LP dan VYP berada di urutan 10 besar yang artinya tidak menjadi 5 Anggota KPU Kabupaten/Kota terpilih.

Dalam pengumuman tersebut,  pelapor dan terlapor dalam kasus dugaan penipuan rekrutmen komisioner KPU Tulangbawang sama-sama masuk 10 besar.  Lilis Pujiati (Terlapor) menjadi 10 besar pada rekrutmen Anggota KPU Pesawaran. Sementara Viza Yelisanti Putri menjadi 10 besar dalam rekrutmen KPU Tulangbawang.

Baca :   KPU Waykanan Buka Pendaftaran PPK

Kendati demikian,  keduanya tidak lolos menjadi komisioner. Sebab,  berdasarkan regulasi,  jumlah komisioner kabupaten/kota hanya diambil lima besar saja.

Ketua KPU Lampung,  Erwan Bustami mengatakan setelah pengumuman ini, keseluruhan komisioner akan dilantik di KPU RI,  Kamis (21/11). “Jadi hari ini seluruh calon komisioner dikumpulkan terlebih dahulu di Bandarlampung,  kemudian berangkat dengan menggunakan perjalanan darat menuju KPU RI. Semua difasilitasi KPU Lampung, ” ujarnya, Rabu (20/11).

Baca :   Polda Lampung Monitoring Pilkada Waykanan

Erwan melanjutkan,  setelah pelantikan nantinya pengalihan kewenangan yang saat ini diambil oleh KPU provinsi Lampung,  dan komisoner KPU kabupaten/kota terpilih langsung melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pilkada. “Kalau itu otomatis dikembalikan karena komisioner kabupaten/kota sudah sah, ” kata dia. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi