oleh

Wisuda 2019, Rektor: Indeks Layanan Pendidikan UM Metro Meningkat

RADARLAMPUNG.CO.ID – Rektor Univeritas Muhammadiyah Metro (UMM) Jazim Ahmad menyampaikan laporan akademik dalam Sidang Terbuka Senat, Wisuda dan Milad ke 53 UMM, Rabu (20/11) di halaman kampus.

Dalam pidatonya Jazim menyebut jika layanan pendidikan institusinya saat ini mengalami peningkatan. Peningkatan itu, menurutnya diukur dari tiga indikator yang semuanya berkaitan satu sama lain.

“Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dapat dinyatakan dengan tiga indikator, yaitu tingkat produktivitas lulusan, lama studi, serta indeks prestasi lulusan,” ungkapnya, Rabu (20/11).

Hal itu terbukti dari salah satu lulusannya saat ini, yang telah banyak menorehkan prestasi di berbagai level kejuaraan Judo. “Perlu kami sampaikan bahwa selama menjadi mahasiswa di UMM wisudawan pada hari ini atas nama James Firnando dari program studi hukum telah puluhan kali menyabet berbagai medali dan yang terbaru meraih medali emas pada kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) tahun 2019,” ungkapnya.

Prestasi lainnya yang diraih oleh mahasiswa UM Metro pada tahun 2019 tidak hanya pada level nasional, namun telah mampu menembus level internasional.

Adapun prestasi pada level internasional itu, menurutnya diraih oleh Niko Andrian Arizona mahasiswa program studi S1 Manajeman, yang mendapat medali perunggu pada lomba pencak silat yang diselenggarakan di Algeria.

Selain itu pada kejuaraan Taekwondo tingkat internasional di Pugnator Badung Sport Tourism Open International Championship 2019 berhasil meraih juara I atas nama Zamira Salsabila dari program studi S1 Akuntansi.

Lebih jauh, rektor juga mengakui bahwa pencapaian ini menurutnya berkat kontribusi dan integritas semua tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan UM Metro.

Apalagi menurut penjelasannya, UM Metro tidak pernah berhenti meningkatkan kualitas sumber daya manusia. “Hal itu terbukti dari semakin banyaknya dosen UM Metro yang memperoleh gelar doktor atau yang sedang menempuh studi doktoral,” terangnya.

Selain itu, berbagai fasilitas sarana dan prasarana di bawah kepemimpinannya terus ditingkatkan untuk memenuhi standar UM Metro sebagai kampus unggul.

“Pada tahun 2019 ini perpustakaan kita sudah berbasis digital dengan menggunakan aplikasi E-Lib. Kemudian UM Metro selalu berupaya meningkatkan kompetensi SDM khususnya dosen melalui studi lanjut (S-3),” ucapnya.

Sampai saat ini tercatat jumlah dosen UM Metro yang sedang menempuh studi lanjut (S-3) berjumlah 35 orang. “Tahun 2019 tercatat 4 orang dosen yang berangkat studi lanjut di dalam dan luar negeri (Hungaria) dengan sumber dana BPPDN dan LPDP,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitan, dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Tobroni, M.Si, serta Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah II, Prof. Dr. Slamet Widodo, M.Si.

Lalu, Kepala Koordinator Perguruan Tinggi Islam Swasta (Kopertais) Wilayah VII, Prof. Drs. H. M. Sirozi., MA., Ph.D, Wali Kota Metro Achmad Pairin, Forkopimda Kota Metro, dan sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Lampung. (pip/sur)



Komentar

Rekomendasi