oleh

Keren, Lambar Ditetapkan Sebagai Kabupaten Sangat Inovatif

radarlampung.co.id – Lampung Barat dinobatkan sebagai  kabupaten sangat inovatif. Berada pada peringkat 25 dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bahkan, predikat sangat inovatif yang diraih kabupaten berjuluk Bumi Beguai Jejama Sai Betik tersebut menjadi satu-satunya dari kabupaten/kota di Lampung.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar Tri Umaryani mengatakan, berdasar keputusan Mendagri Nomor 002.6-415 tahun 2019 tentang Penyusunan Hasil Pengukuran Indeks Inovasi Daerah, pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Balitbang tahun 2019, Lambar ditempatkan sebagai salah satu kabupaten/kota yang mendapatkan predikat sangat inovatif dengan indeks 12.500.

”Pengukuran indeks inovasi daerah dilakukan dengan mekanisme input data inovasi daerah kepada Balitbang  Kemendagri melalui Sistem Aplikasi Indeks Inovasi Daerah (SAID),” kata Tri Umaryani.

Menurut dia, hasil pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2019  diberikan kepada pemerintah daerah yang melaporkan inovasi daerahnya kepada Pusat Litbang Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri. Predikat yang diterima oleh kabupaten/kota tidak sama. Untuk tertinggi, itu sangat inovatif, kemudian inovatif dan kurang inovatif.

”Jadi awalnya kita melaporkan inovasi-inovasi daerah ke Kemendagri. Alhamdulillah, kita mendapatkan hasil yang memuaskan. Berdasar indeks 12.500, kabupaten kita berhasil mendapatkan predikat sebagai kabupaten sangat inovatif,” sebut dia.

Inovasi daerah yang menjadi penilaian di antaranya tata kelola pemerintah daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya yang disesuaikan dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. (nop/ais)



Komentar

Rekomendasi