oleh

Tol Laut Nusa Dua-Tanjung Benoa Menginspirasi Gubernur Lampung

radarlampung.co.id – Jalan Tol di atas laut Pulau Bali yang menghubungkan Nusa Dua-Tanjung Benoa menginspirasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk membangun infrastruktur serupa.

Menurut Arinal, pembangunan jembatan pancang terpanjang di atas laut Lampung untuk menghubungkan Panjang-Duta Wisata. Mimpi ini sangat mungkin diwujudkan mengingat akses Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel) hingga Kayuagung Sumatera Selatan (Sumsel) sudah terhubung.

Hal ini disampaikan Arinal dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)kementerian/lembaga dan daftar alokasi transfer daerah dan dana desa 2020 di Novotel Lampung, Kamis (21/11).

“Saya ada keinginan membangun jembatan, (tapi) tidak seperti itu (pemberitaan), saya luruskan. Di tol Sumatera akan dibangun ke (arah) pelabuhan internasional (Pelindo Panjang) yang untuk ekpsor. Jadi saya menginisiasi harapan agar ada jembatan pancang seperti di Benoa (Bali),” kata Arinal.

Menurut Arinal, dengan dibangunya tol laut di Panjang, seperti yang menghubungkan Nusa Dua-Benoa dengan harapan bisa menghidupkan pariwisata di Provinsi Lampung.

“Jadi di Bali antara Benoa ke Nusa Dua dibangun jembatan pancang. Maka saya ingin juga dibangun jembatan pancang dari Panjang ke daerah Duta Wisata. Jadi di Duta Wisata kita bangun dua jalur sehingga bisa membangun industri maritim sampai ke Tanggamus, pada akhirnya agar kita bangun pariwisata kita jadi internasional,” ujar Arinal.

Terkait rencana ini tentunya perlu bantuan dari pusat dengan berharap dana dari APBN. Arinal mengaku sudah mengusulkan hal ini ke Pemerintah Pusat dan saat ini tinggal menunggu persetujuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Namun Arinal berharap sinergitas antar semua pihak ke depannya agar bisa mewujudkannya. “Insya Allah disetujui presiden. Tapi ke depan saya mohon sinergitas kita,” pungkasnya. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi