oleh

Ambyar, DBH Metro Bulan Ini Gagal Cair

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro harus kembali bersabar menunggu pencairian Dana Bagi Hasil (DBH) triwulan IV tahun 2018 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Wacana DBH sebesar Rp10 miliar yang dikabarkan akan cair bulan ini ternyata harus diundur. DBH Metro diperkirakan baru akan cair pada Desember mendatang, serentak dengan 15 kabupaten/kota di Lampung.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Metro Arif Joko Arwoko. Menurutnya hutang DBH Pemprov akan dicairikan Desember.

“Belum jadi cair, Desember direncanakan cair akan dibarengkan dengan 15 kabupaten/kota, jadi nanti tergantung dari SK Pak Gubernur,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Jumat (22/11).

Besaran DBH sendiri menurut Arif tergantung dari pendapatan, seperti pajak motor. “Ya seperti pajak motor, kalau yang bayar pajak banyak ya DBH yang akan didapat Kota Metro juga banyak, jadi gak tentu setiap triwulannya dapat berapa,” ungkapnya.

Di kesempatan sebelumnya Arif menerangkan, dari target DBH sebesar Rp62 miliar, baru diterima Pemkot Metro sebesar Rp52 miliar.

“Pemprov masih hutang Rp10 miliar, yang merupakan hutang DBH triwulan ke empat tahun 2018 lalu, yakni untuk Oktober, November, dan Desember tahun lalu,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Jumat (8/11) silam. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi