oleh

Disdik Tanggamus Prioritaskan Bangun RKB 3 SD

radarlampung.co.id – Tiga SD di Tanggamus diprioritaskan mendapatkan pembangunan ruang kelas baru (RKB). Hal itu berdasar kondisi dan masukan dari berbagai pihak.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanggamus Aswin Dasmie mengatakan, tiga sekolah itu adalah SDN 2 Tanjungbetuah, SDN 3 Pekon Rantautijang dan SD di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuhbalak.

Untuk SDN 2 Tanjungbetuah akan dibangun dua ruang kelas baru. Minimal untuk mengurangi empat ruang kelas yang sudah tidak layak. ”Di sekolah ini, kelas I sampai IV belajar di bangunan terbuat dari papan. Kondisi papannya sudah banyak yang rusak, bahkan jebol. Lantainya juga rusak, sudah separuh tanah. Lalu tidak ada lagi pintu dan jendela,” kata Aswin Dasmie.

Baca :   Disdikbud Pesawaran Harus Istiqamah!

Lalu SDN 3 Pekon Rantautijang, tambahan tiga ruang kelas baru. Di tempat ini ruang kelas masih terbuat dari papan dan beratap seng. Selama ini kondisinya menghawatirkan dan butuh perbaikan.

Dinding papan sudah banyak yang rapuh dan nyaris jebol serta lantai semen rusak. Atap banyak yang bolong dan bocor saat hujan. Bahkan jika hujan disertai angin, terkadang atap seng seperti akan lepas.

”Satu lagi SD di Pulau Tabuhan, di sana ruang kelas yang akan dibangun baru antara dua sampai empat ruang, sesuai dengan kemampuan dana. Pembangunan di tiga sekolah itu akan dianggarkan di APBD 2020 dan dana alokasi khusus (DAK),” uraianya.

Baca :   Lengkapi Sarana Sekolah Berbasis IT

Aswin mengungkapkan, untuk pembangunan maupun rehab berat, sementara ini tiga sekolah itu dulu. Itu pun tiap sekolah hanya separuh dari kebutuhan. Sebab harus menyesuaikan ketersediaan anggaran yang ada.

Ia berharap pembahasan anggaran 2020 nanti dengan DPRD, pembangunan di sekolah-sekolah itu terealisasi. ”Minimal untuk memenuhi sebagian kebutuhan di sekolah-sekolah tersebut. Jika semuanya harus dibangun, tentu memerlukan anggaran yang besar. Bertahap kita lakukan,” sebut dia. (iqb/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi