oleh

Sinergi Duta Museum Lampung Wujudkan Lampung Berjaya

Radarlampung.co.id – UPTD Museum Lampung kembali sukses menyelenggarakan event dua tahun sekali. Tahun ini, pemilihan Duta Museum Lampung  berlangsung pada 18-22 November 2019. 

Malam grand final Duta Museum Lampung dibuka langsung oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto, MA di Halaman Museum Lampung, Jumat (22/11) malam. Tampak hadir juga  Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Drs. Fitra Arda M.Hum.

Saat pembukaan pemilihan duta museum Lampung 2019 berlangsung pada Senin (18/11/2019) yang lalu  oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Drs. Sulpakar, MM.

Pada malam grand final setelah melakukan berapa tahap penyeleksian maka terpilih Juara I hingga Harapan III. Untuk tiga besar yakni, Juara I Duta Museum 2019 diraih oleh Alfpinka Mutia (kategori wanita)  dan Andryan Marcellino (Pria).

Juara I Putra dan Putri Duta Museum Lampung 2019 berfoto bersama dengan Juara I Putra dan Putri Duta Museum Lampung 2017

Kemudian Runner up 1 (Juara II)  diraih Fellie Wijaya (wanita) & Angga Syaputra (pria). Lalu, Runner up 2  (Juara III)  diraih oleh Siti Rahman (Wanita)  & Marcelo Aditya (pria).

Mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Fahrizal Darminto menyampaikan Museum Lampung dituntut menjadi rujukan bagi khalayak umum untuk memahami kearifan lokal masyarakat Lampung, yang nantinya akan menimbulkan kecintaan pada kebudayaan daerah. 

“Dan tidak kalah penting adalah generasi milenial yang menjadi salah satu sasaran utama acara ini, terutama dalam menumbuhkan kecintaan kepada Museum Lampung,” katanya.

Untuk itu, Fahrizal berharap kepada Duta Museum Lampung yang juga sebagai duta provinsi Lampung  mampu menyampaikan  kepada semua kalangan, menguatkan jati diri bangsa dan mampu selaras dengan visi misi Gubernur Lampung dalam menguatkan nilai-nilai kebudayaan Lampung untuk bersinergi dalam mewujudkan Lampung Berjaya. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPTD Museum Negeri Lampung, Budi Supriyanto.M.Hum dalam laporannya mengatakan bahwa para Duta ini nantinya akan menjadi garda terdepan bagi Dinas Pendidikan Provinsi dan Museum Negeri Lampung dalam menyampaikan informasi dan edukasi tentang Permuseuman.

Kepala UPTD Museum Negeri Lampung Budi Supriyanto, M.Hum bersama Para Juara Duta Museum Lampung 2019

Di mana, Kearifan budaya lokal semakin kental didukung berbagai ornamen bermotif tapis Lampung. Dan disertai juga beberapa pertunjukan seni tari kebudayaan Lampung, serta pemuda-pemudi bertalenta yang turut mengharumkan nama Provinsi Lampung di kancah nasional. 

“Setelah melalui serangkaian seleksi dan pembinaan sebelumnya, pada Malam Grand Final Pemilihan Duta Museum ini ada 15 pasang putra-putri terbaik. Duta Museum nantinya akan menjadi sahabat bagi Museum Lampung terutama dari generasi milenial yang akan menjalin dialog antara Museum Lampung dengan masyarakat luas,” tandasnya.(gie/kyd)



Komentar

Rekomendasi