oleh

Momen Peringati Maulid Nabi, Bupati Pesawaran : Ingat 3 S

radarlampung.co.id-Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengajak seluruh jamaah untuk bersama-sama meningkatkan persaudaraan sebagai sebuah bangsa (Ukhuwah Wathaniyah), meningkatkan persaudaraan sesama umat manusia (Ukhuwah Basyariyah) dan meningkatkan persaudaraan diantara sesama umat Islam (Ukhuwah Islamiyah).

Hal ini ditegaskan Dendi saat menghadiri tabligh akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di Masjid Al-Hidayah Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Minggu, (24/11).

Secara subtansial, perayaan Maulid Nabi adalah sebagai bentuk upaya untuk mengenal akan keteladanan Nabi Muhammad sebagai pembawa ajaran agama Islam. Tercatat dalam sepanjang sejarah kehidupan, bahwa nabi Muhammad adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya.

Baca :   Untuk Residivis, Jangan Mawas Diri Setelah Dalam Sel!

“Maka kita harus mencintai Rasul dengan membaca shalawat dan mendoakannya. Dengan memperbanyak shalawat Insya Allah akan selamat dunia akhirat. Dan yang paling penting adalah mengamalkan 3 S yaitu ; sabar, semangat dan senang. Dengan 3 S kita semua akan bisa mencapai apa yang kita harapkan atau cita-citakan,”ucapnya.

Dalam konteks ini, lanjut Dendi, Maulid Nabi harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat. Yakni, sebagai semangat baru untuk membangun nilai-nilai “profetik” agar tercipta masyarakat madani yang merupakan bagian darn demokrasi seperti toleransi, transparansi, anti kekerasan, kesetaraan gender, cinta lingkungan, pluraliisme, keadilan sosial, ruang bebas partisipasi, dan humanisme.

Baca :   KPU Pesawaran Bongkar Kotak Suara Pemilu 2019

“Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan Iembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana. Itulah perilaku yang diwarnai oleh akhlak mulia; akhlaqul karimah,”ujarnya. (ozi/wdi)



Komentar

Rekomendasi