oleh

Ratusan Mahasiswa Unila-Universitas Muhammadiyah Metro Praktek Lapangan di KRL

radarlampung.co.id -Sebanyak 116 mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan melaksanakan praktek lapangan mata kuliah biologi di Kebun Raya Liwa selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/11/2019). Hal ini bagian dari implementasi nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama  antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Lampung Barat dan Universitas Lampung  tentang penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan praktikum dipusatkan di taman hias, taman buah, taman araceae dan juga aliran sungai yang ada di Kebun Raya Liwa.

“Tujuan dilakukannya kegiatan praktikum ini adalah menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang Kebun Raya Liwa serta meningkatkan kesadaran dan motivasi mahasiswa  untuk konservasi flora dan fauna yang ada di Lampung dan di luar Lampung,” ungkap Kepala UPT Kebun Raya Liwa Sukimin mendampingi Kepala Balitbang Tri Umaryani.

Pemilihan Kebun Raya Liwa sebagai objek praktikum menurut Dr.Ir. Gunardi Djoko Winarno, M.Si  selaku dosen pendamping karena memiliki berbagai jenis koleksi tumbuhan. Tumbuhan tersebut merepresentasikan tumbuhan dataran tinggi Sumatera Bagian Selatan.

Lanjut dia, selain dari Fakultas Pertanian Unila, diwaktu yang sama , sebanyak 30 mahasiswa FKIP Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro dengan didampingi tiga orang dosen  melaksanakan praktekum lapangan mata kuliah ekologi. Kegiatan praktikum dipusatkan di taman araceae dan kebun koleksi KRL.  “Jadi ada 146 mahasiswa dari Universitas Lampung dan  Universitas Muhammadiyah Metro yang melakukan pratikum lapangan di Kebun Raya Liwa,” pungkas dia. (lus/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi