oleh

SMP Al Kautsar Gelar Serangkaian Diklat Ekskul

RADARLAMPUNG.CO.ID – Guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa di bidang ekstrakurikuler, SMP Al Kautsar menggelar serangkaian diklat ekskul sejak pekan lalu hingga Sabtu (23/11) kemarin.

Kepala SMP Al Kautsar Rudiyanto mengatakan, diklat ekskul tersebut bertujuan memberikan pelatihan dan pengetahuan dasar tentang keorganisasian dan pengalaman atau ketetampilan melalui praktek yang dilakukan sesuai ekskul yang dipilih siswa.

“Beberapa diklat yang sudah dilakukan adalah diklat KIR (kelompok ilmiah remaja), PMR (palang merah remaja), dan diklat drumband, ” ujar Rudiyanto, dalam rilisnya yang diterima Radarlampung.co.id Minggu (24/11) pagi.

Menurut dia, diklat KIR dan PMR sudah dilaksanakan lebih dulu, yaitu pada Jumat dan Sabtu, 15-16 November 2019. Sedangkan diklat Drumband dilaksanakan Jumat dan Sabtu, 22-23 November 2019.

Guru pembina ekskul drumband Suyadi mengatakan, selain menyampaikan materi tentang formasi dan pembagian peran di drumband, siswa juga melakukan praktik singkat pengenalan alat-alat musik drumband.

“Di drumband itu ada alat musik drum, bass, pianika, dan lainnya. Kalau untuk pembagian peran seperti mayoret, paramanandi, dan colour guard, ” tutur Suyadi.

Sedangkan Guru Pembina KIR Fatoni Latif memaparkan, diklat KIR diikuti oleh 50 siswa kelas 7.

Materi yang disampaikan di antaranya motivasi, manajemen organisasi, metodologi penelitian, penulisan artikel ilmiah modern, orientasi laboratorium IPA, pembuatan roket cola, pembuatan roket air, dan pembuatan mading.

“Kami berharap lewat diklat ini, siswa semakin memahami minat dan bakatnya serta termotivasi untuk berprestasi, ” tutur Fatoni.

Sementara itu, guru pembina PMR Veri Fernando mengatakan, pada diklat PMR, selain mendapatkan materi tentang motivasi, dan manajemen organisasi, peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang pertolongan keluarga, pertolongan pertama, dan pembuatan tandu. (gie/rls/sur)



Komentar

Rekomendasi