oleh

Tim PKM Polinela Lakukan Penyuluhan Kesejahteraan Hewan Dalam Penyembelihan Kurban

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dosen sekaligus Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) Agung Adi Candra bersama timnya menggagas sebuah PKM tentang penanganan hewan kurban. Kegiatan ini dilakukan di salah satu masjid besar di Kampung Purwodadi, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah, yaitu Masjid Al Muttaqin.

Kegiatan PKM Polinela ini berlangsung sejak Maret-November 2019.

Agung menjelaskan, Masjid Al Muttaqin setiap tahunnya menyembelih tak kurang dari 20 ekor ternak dan kambing. Proses penanganan dan pemotongan dilakukan secara tradisional dan belum memperhatkan animal welfare (kesejahteraan ternak).

Akibatnya, terkadang terjadi kesalahan yang berimplikasi pada kualitas karkas hewan kurban yang tidak baik.

Masih kata Agung, akar permasalahan dalam qurban yakni setiap tahun menyerahkan hewan qurban mereka ke panitia qurban yang umumnya terdiri dari ta’mir masjid dan masyarakat sekitar masjid untuk dilakukan penyembelihan dan pembagian hewan qurban kepada masyarakat.

Di mana penyembelih hewan qurban umumnya berprofesi sebagai petani dan kurang memiliki pengalaman dalam menyembelih hewan besar.

Oleh karena itu, lanjut Agung, didesainlah pembinaan kepada takmir masjid sebagai pelaksana penyembelihan hewan kurban berupa in house training. Meliputi praktik menjatuhkan ternak, handling ternak, teknik penyembelihan, pemeriksaan antemortem, dan post mortem.

“Tujuannya agar pengetahuan takmir masjid meningkat dan kualitas daging kurban akan meningkat pula. Dalam pelaksanaanya, dilakukan pelatihan monolog tentang teknik penanganan hewan kurban, dan hibah peralatan yang dibutuhkan untuk penanganan kurban yang mengutamakan kesejahteraan ternak,” pungkasnya. (gie/sur)



Komentar

Rekomendasi